Kamis, 09 Oktober 2014

Rawon Jawa Timur

 Awal saya kenal rawon saat saya tinggal di Jawa Timur tepatnya di Kota Kediri 26 tahun yg lalu
di Jawa timur nama masakan rawon sangatlah populer sekali....daging sapi yg berkuah hitam tapi enak rasanya *_*
Anak anak saya semuanya suka dgn masakan rawon plus empal tentunya

Belakangan saya agak sibuk riwa riwi ngukur jalan & puji Tuhan banyak orderan yg masuk...
otomatis asupan buat keluarga sesuai orderan ...gak mungkinkanya saya harus masak lg..khusus kel
maklum saya kan gak pake asisten loh semuanya saya kerjakan sendiri semampunya ajalah....
capek ya gak jualan istirahat & sudah pulih tenaganya jualan lg...wooow malah curhat euuuuy...

Rawon..salah satu masakan kesukaan kel saya,dan gak pernah ada capar pendek aka tauge bogel apa lagi yg namanya telor asin...pasti gak akan di temukan di meja makan kel saya... gak ada yg suka soalnya..
resep rawon ini saya dapatkan dari ibu RT sewaktu saya tinggal di Jl patimura dulu..smp skrg saya cocok sekali,dengan resep Ibu RT saya ,ini dia resepnya...Mohon maaf sebelumnya saya tiap masak gak pernah nimbang 2 jg gak pernah itung menghitung berapa gr or berapa siung si bawangnya,semuanya pake ilmu kira kira aja..maklum saya gak pernah les masak jeh *_* harap maklum ya..

 # Rawon #
Bumbu yg dihaluskan
 * Daging Kisi cuci bersih rebus dengan sedikit garam smp airnya mendidih biarkan 10 menit angkat potong2 sesuai selera & potong agak besar buat bikin empalnya. Tusuk dgn sujen ( tusukan sate) biar gampang nyarinya saat mau di goreng ,gak aduk aduk begitu maksutnya & mudah ambilnya di dlm panci
* Bawang merah
* Bawang putih
* Ketumbar
* Kemiri
* Kunyit sedikit aja
* Lada
* Garam
* Gula pasir sedikit
Bumbu Rempah
* Batang sere di memarkan
* Daun jeruk di sobek sobek
* Jahe kecil di geprek
* Keluak di cuci bersih ,di keluarkan isinya di icipin takut ada yg rusak atau pait
rendam dlm kuah daging yg panas,sambil di tekan tekan, saring masukan kedalam panci yg berisi daging ulangi sampai keluaknya bening ( di rumah saya gak suka keluaknya di blender ) biar berwarna item kuahnya tapi bening

Caranya :
* Tumis bumbu halus, masukan rempah2 smp harum,tuang tumisan bumbu kedalam kuah daging
* Masak smp mendidih,sesudah mendidih kecilkan apinya tutup pancinya smp dagingnya empuk
* Siap di santap & empalnya siap di goreng

Note :
# Ambil daging empal, keluarkan dr tusukan satenya ( sujen )
# Pukul pelan supaya lebar,
# Ambil sedikit gula merah, kuah rawon panas, masukan daging empalnya,diamkan beberapa saat siap di goreng
# Saat menggoreng biarkan minyaknya panas, masukan daging empalnya, kecilkan api, balik angkat jgn lama lama gorengnya nanti jd gosong karna dikasi gula merah
 Jangan lupa siapkan sambal terasinya juga ya..


Masalah daging bisa juga di ganti ,sandung lamur ataupun silap sesuaikan dgn kesukaan masing masig
kalau mau buat empal dgn serat panjang ya harus beli yg namanya Gandik, saya semuanya jadi satu aja biar hemat hehehehehe,,,



3 komentar:

Biby mengatakan...

Halluuuww, Mom Wiwik (",)
Mampir lihat-lihat resep nih, tertarik sama Putri Mandi. Lgs coba bikin kemarin, hasilnya weeennnaakk hau jek sencingping. Lembut, kenyal dikit, gurih, manis, krenyes2, spektakuler. Tapi o tapi pas udah dingin kok buletan2nya jd berkulit ya & jd agak keras. Yg terendam saus sih masih lembut gt. Salahnya di mn y, mohon pencerahannya Mom Wiwik. Xie xie sblmny yaww

Wiwik Sulistiyo mengatakan...

Haloo juga Biby
saya jg kurang paham kenapanya ya siputri mandi berkulit ?
soalnya saya buat pagi smp sore tidak berkulit maaf ya ,saya tidak bisa menjelaskanya & terimakasi sdh mau mampir disini

sishe elyawati mengatakan...

Cie wiwik, ada tips milik keluwak? Takut salah beli n pait semua ;p

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates