Selasa, 24 Desember 2013

Cake In Jar

Puji Tuhan akhirnya saya bisa setor PR  LBT # 28, di malam Natall tgl 24 Des 2013
di selasela sibuk menjelang Natal <3
Saya buat cakenya yg gampang aja & yg anti gagal,
Pak Billy & Yunita jg Jeffry bilang sih enak pake banget... ikut seneng deh <3


Bahanya :
7 Kuning telur
1 putih telur
65 gr Gula pasir
35 grTepung terigu
15 gr Maizena
1 Saset susu bubuk
1 Sdm skm
80 gr Butter
1 sdt Ovalet

Caranya :
* Telur , Gula , terigu , ovalet , maizena , skm & susu bubuk ,kocok smp kental berjejak
* Masukan mertega cair. aduk balik smp rata.
* Ini Untuk 2 lapis loyang q ukuran 18 X 20 X 4
* panggang smp matang dgn api 190 c , selama 20 menit
* Untuk yg Coklat tepung di kurangin tambahkan coklat bubuk sebanyak 15gr

* Oven sampai matang ( saya biasanya suhu 180 selama 10 menit ) dinginkan

* Olesi dengan cheese froasting

Cheesse froasting
100 gram whipped cream bubuk
150 ml air es
75 gram cream cheesse
2 sdm Susu kental manis (sesuai selera)

Cara:
1 Kocok whipped cream dan air es sampai mengembang
2.Kocok cream cheese, campur dengan whipped cream sampai rata, masukkan susu kental manis,
kocok lagi sampai rata
3. Masukkan kulkas sebentar, lalu digunakan untuk melapisi


                                                                                                                                                                   

 

Selasa, 10 Desember 2013

Salad Mangga Phodang

Kediri lg musim Mangga Phodang, mangga ciri khas kediri dan hanya ada di kediri
mangga ini rasanya hampir mirip dgn gedong gincu, cuma bedanya gedong gincu lebih harum../wangi
makan mangga podang agak banyakpun gak akan diare..
Saya buat salad lg tapi kali ini saya punya stok gula palem saya pakein gula palem aja deh...




*SALAD MANGGA *
Bahanya :
 * Mangga yg mengkel Potong panjang spt korek api../ 1kg ( 4 buah ) yg ini mangga podang
*  Cabe Merah cuci &  potong bulat bulat

Bahan Sausnya :
#  Gula Palem 150 gr
#  Air anget 50ml
#  Jeruk Lemon 1 yg besar peras ambil airnya / nipis jg boleh suka suka aja
#  Kecap ikan 1 sdt
#  Madu 2 sdm

Toping : Kacang tanah gr sangrai 

Caranya :
 * Gula palem dgn air smp campurkan smp gula larut
 * Masukan madu , air Lemon ,Kecap ikan .& cabe irisan
 * Aduk 2 jd satu..tuangkan ke atas mangga. aduk pelan smp tercampur
   masukan dlm kulkas ..biarkan sampai dingin
  * Taburin Kacang sangrai...siap nyam..nyam..
    Selamat Mencoba yaaa...


Biasanya saya kasi daun ketumbar sayang di kediri suka kosong ,jd saya gak kasi deh..
Daun ketumbar kadang nyelip2 di gigi kalau mentah :)

Minggu, 17 November 2013

Aneka Bunga

Sebelum pulang kampung saya baru aja selesai buat puding ini..
Lapisan bawahnya saya kasi puding coklat 


Sumber : Majalah Sedap

Bahan I :
2 bks Jelly Bubuk Instant
150 gr gula pasir
1200 ml air
1/4 sdt vanili (saya skip)

Bahan II
600 ml susu cair
3/4 sdt jelly bubuk instant
3/4 sdt agar2 plain
75 gr gula
Pewarna suka suka aja

Bahan III
800 ml susu cair
1/2 bks agar2 bubuk
1 sdt jelly bubuk instant
150 gr gula
1/8 sdt garam

Caranya :
Rebus Bahan I hingga mendidih, angkat tuang dlm mangkuk (contoh mangkuk yg bening ya, dinginkan
Rebus Bahan II hingga mendidih, angkat, bagi beberapa warna (putih,kuning, hijau)
Sedot puding kuning dgn spuit/injeksi/suntikan medis, suntikkan ke dalam Bahan I (mangkuk)
Buat motif putik di tengah2
Sedot puding merah, suntikkan ke Bahan I utk membuat kelopak bunga
Sedot bahan hijau, suntikkan utk membuat daun/ saya masih belajar gak buat daun dulu
Rebus Bahan III hingga mendidih, tuang ke manggkuk (puding yg sudah bermotif), dinginkan
Lepaskan puding dari mangkuk,di balik jadi keliatan td yg kita suntikan kedalam puding sajikan


Sabtu, 16 November 2013

Wild Rose

Buat yg Pertama kalinya saya membuat art puding di loyang, awalnya takut gak terbentuk..
Puji Tuhan berhasil jd jg si Wild Rose tapi belom spt yg saya mau tetep harus banyak latian dan belajar lg
Terimakasi buat Nina Agustina, Ajeng Rani, yg selalu suport saya ,untuk melakukan hal hal baru
ilmu itu ibarat Samudra yg tak bertepi...tetap belajar selagi ada kesempatan...
ini loyang ukuran 20X20

Sumber : Majalah Sedap

Bahan I :
2 bks Jelly Bubuk Instant
150 gr gula pasir
1200 ml air
1/4 sdt vanili (saya skip)

Bahan II
600 ml susu cair
3/4 sdt jelly bubuk instant
3/4 sdt agar2 plain
75 gr gula
Pewarna suka suka aja

Bahan III
800 ml susu cair
1/2 bks agar2 bubuk
1 sdt jelly bubuk instant
150 gr gula
1/8 sdt garam

Caranya :
Rebus Bahan I hingga mendidih, angkat tuang dlm mangkuk (contoh mangkuk yg bening ya, dinginkan
Rebus Bahan II hingga mendidih, angkat, bagi beberapa warna (putih,kuning, hijau)
Sedot puding kuning dgn spuit/injeksi/suntikan medis, suntikkan ke dalam Bahan I (mangkuk)
Buat motif putik di tengah2
Sedot puding merah, suntikkan ke Bahan I utk membuat kelopak bunga
Sedot bahan hijau, suntikkan utk membuat daun/ saya masih belajar gak buat daun dulu
Rebus Bahan III hingga mendidih, tuang ke manggkuk (puding yg sudah bermotif), dinginkan
Lepaskan puding dari mangkuk,di balik jadi keliatan td yg kita suntikan kedalam puding sajikan







Biscotti

Akhirnya sempat jg buat biscotti
Asli saya baelom pernah denger si biskota ini apa lg makannya
Sekarang jd tau rasanya & bisa buat sendiri
Saya pake resepnya dr Nina Agustina Makasi ya Nina..


Biscotti
Bahanya :
*3 cup terigu
*3/4 cup gula palem
*3 telur antero
*4 Sdm Butter
*1sdt Bp
*3/4 cup kacang mede gr,saya punyanya itu jeh
*3/4 cup kismis & choco cip 2 rasa/ coklat jeruk

Caranya :
* Butter & gula di kocok smp lembut, masukan telur satu persatu kocok rata
* Ayak terigu & Bp ,masukan ke adonan butter, masukan kacang mede ,kismis, choco cip
aduk dgn spatula smp rata
* Taburi dgn terigu sedikit biar gak lengket, bentuk deh panjang
* Oven 25 menit suhu 150
* Dinginkan, potong potong serong & oven lg 10 meni
 
 
 

Rabu, 13 November 2013

Lapis Singkong

Kediri ujan angin...iseng buat cemilan yg mudah dan bahanya gampang di dapat..
Lama jg gak bikin si lapis singkong nih...
Resep gak salah dr tabloid apa yaa..udah lama nyatetnya di buku sampe lupa deh..
alhasil semuanya suka dgn cemilan lapis singkong ini..




Bahan:
1 1/4 kg singkong, parut atau parutkan di pasar
350 ml santan kental dr 1/2 kelapa
180 gram gula pasir
1 bungkus agar-agar bubuk putih
1/4 sdt vanili bubuk
Pewarna makanan hijau dan  pink yg tengah tidak saya beri warna
Taburan:
1/2 kelap parut panjang
garam sedikit
vanili bubuk jg secukupnya
---> Campur semuanya taruh di wadah & kukus bareng di dandang bersama adonan / krn dandang yg saya pake besar bisa bersebelahan dgn loyang kue
Cara membuat:
1. Siapkan kukusan dan didihkan air. Bungkus tutup kukusan dengan serbet.
2. Siapkan loyang, olesi dengan minyak goreng, alasi dasarnya dengan plastik tahan panas food grade dan olesi lagi. Sisihkan.
3. Peras singkong smp keluar airnya, tapi jangan sampai singkongnya jadi kering, buang airnya. Sisihkan parutan singkong.
4. Dalam wadah/baskom, campur rata gula pasir dan agar-agar bubuk, perasan singkong, Masukkan santan. Aduk rata.
5. Bagi adonan menjadi 3 bagian sama rata. Satu bagian di beri pewarna hijau, satu bagian lagi diberi putih tanpa pewarna ,pewarna pink
6. Tuang adonan hijau dalam loyang. Kukus 15 menit hingga matang. Tuang lagi adonan putih, kukus lagi 15menit. Terakhir tuang adonan merah dan kukus 30 menit hingga matang. Angkat dan biarkan dalam loyang hingga benar-benar dingin.
7. Keluarkan kue dari loyang, potong-potong dan balut dengan kelapa parut kukus.
Saya pakai loyang ukuran 20 X20 tinggi 6cm

Tips:
- Keluarkan kue sudah bener bener dingin dgn cara mengangkat pelastiknya , jika masih panas akan hancur karna masih lembek
-  Cara memotongnya alasin kue dgn plastik sebesar kue..supaya gak lengket 2 atau piso di masukin plastik jg bisa












Sabtu, 09 November 2013

Asam asam Kambing

Ketemu yg jual daging kambing..lgs beli 1kg deh...
tanya Jeffry & papanya mau dimasak apa ? jawabnya serentak di kuah tapi gak pake santen..*_*
Tuing...tuing...mikir dimasak apa yaaa...wah inget masakan Mamiku yg namanya Garang asem,
pikir pikir males bener yaa manggangin bumbunya, jadilah di Asem asem yg bumbunya simpel di gongso aja
jadilah Asam asam kambing ala saya...


Bahanya :
* 500 gr Daging kambing rebus smp mendidih biarkan 5 menit, matikan api, buang airnya
* Masak lg air panas smp mendidih masukan daging kambing rebus dgn api kecil
Bumbunya:
* Bawang merah & bawang Putih iris
* Cabe merah potong serong & 5 buah cabe rawit utuh
* Kecap kira kira 5sdm
* Merica sedikit
* Gula pasir sedikit
* Garam secukupnya
* 5 lembar daun salam
* Belimbing wuluh 7 biji potong potong satu buah jd 3
* Tomat 3 buah potongjadi 4
* Daun bawang potong 2

Caranya :
* Tumis bawang merah & bawang putih smp kecoklatan, masukan cabe merah
* Masukan gula pasir , daun salam, garam, kecap manis, aduk aduk smp rata
* Masukan ke dalam rebusan daging kambing, masak smp daging kambing empuk
*Setelah matang / empuk masukan daun bawang & tomat biarkan mendidih, matikan apinya
* Taaaraa mateng deh..




Belajar Art Puding

Yg ini percobaan yg ke 3
Orderanya Ibu Della Puspita, saya coba bikin  3 mawar besar dgn warna yg berbeda
Walaupun belom pd tetep di terima sekalian belajar, saya nariknya jg gak mahal mahal
kan masih belajar tuh ya ^_^
Kali ini buatnya agak ribet, krn saya gak punya media bening yg besar,
saya buat pertama di wadah yg bening khusus buat 3 bungga
setelah itu saya masak ager 2 berwarna putih susu di tempat lain yg wadahnya jauh lebih besar
Setelah jadi lukisan mawarnyam saya balik taruh di agar yg berwarna putih susu, lalu di siram dengan agar bening sebagai perekatnya.

Sumber : Majalah Sedap

Bahan I :
2 bks Jelly Bubuk Instant
150 gr gula pasir
1200 ml air
1/4 sdt vanili (saya skip)

Bahan II
600 ml susu cair
3/4 sdt jelly bubuk instant
3/4 sdt agar2 plain
75 gr gula
Pewarna suka suka aja

Bahan III
800 ml susu cair
1/2 bks agar2 bubuk
1 sdt jelly bubuk instant
150 gr gula
1/8 sdt garam

Caranya :
Rebus Bahan I hingga mendidih, angkat tuang dlm mangkuk (contoh mangkuk yg bening ya, dinginkan
Rebus Bahan II hingga mendidih, angkat, bagi beberapa warna (putih,kuning, hijau)
Sedot puding kuning dgn spuit/injeksi/suntikan medis, suntikkan ke dalam Bahan I (mangkuk)
Buat motif putik di tengah2
Sedot puding merah, suntikkan ke Bahan I utk membuat kelopak bunga
Sedot bahan hijau, suntikkan utk membuat daun/ saya masih belajar gak buat daun dulu
Rebus Bahan III hingga mendidih, tuang ke manggkuk (puding yg sudah bermotif), dinginkan
Lepaskan puding dari mangkuk,di balik jadi keliatan td yg kita suntikan kedalam puding sajikan

Belajar Art Puding

Ini Saya nyoba tuk yg ke dua kalinya dengan media yg lebih besar..
Walaupun saya belom bisa menata dgn baik tapi jauh lebih lumayanlah dr yg ke pertama kali belajar *_*



Yg ini lebih bening jg mulai bisa buat daunya..memberanikan diri buat beberapa macam bungga wlp belom terkonsep...

Sumber : Majalah Sedap

Bahan I :
2 bks Jelly Bubuk Instant
150 gr gula pasir
1200 ml air
1/4 sdt vanili (saya skip)

Bahan II
600 ml susu cair
3/4 sdt jelly bubuk instant
3/4 sdt agar2 plain
75 gr gula
Pewarna suka suka aja

Bahan III
800 ml susu cair
1/2 bks agar2 bubuk
1 sdt jelly bubuk instant
150 gr gula
1/8 sdt garam

Caranya :
Rebus Bahan I hingga mendidih, angkat tuang dlm mangkuk (contoh mangkuk yg bening ya, dinginkan
Rebus Bahan II hingga mendidih, angkat, bagi beberapa warna (putih,kuning, hijau)
Sedot puding kuning dgn spuit/injeksi/suntikan medis, suntikkan ke dalam Bahan I (mangkuk)
Buat motif putik di tengah2
Sedot puding merah, suntikkan ke Bahan I utk membuat kelopak bunga
Sedot bahan hijau, suntikkan utk membuat daun/ saya masih belajar gak buat daun dulu
Rebus Bahan III hingga mendidih, tuang ke manggkuk (puding yg sudah bermotif), dinginkan
Lepaskan puding dari mangkuk,di balik jadi keliatan td yg kita suntikan kedalam puding sajikan



Jumat, 08 November 2013

Pisang Pasir Panggang Keju

Kemaren buat Pisang goreng pasir keju sepecial...
kemaren jadinya 18 loyang kecil, sebagian saya simpan ,pikiran buat besok pagi di gr lg biar anget..
Pas mau gr kok kepikiran gimana ya rasanya kalau di panggang kasi keju Quick Melt..
hasilnya makin endang gulindang deh ternyata..maklum pedoyan keju semua nih yg makan
Saya, Jeffry & papanya lgs abis 6 kami ber 3 hahahaha doyan apa laper yaa? ke duanya ..hahaha


*  Pisgor Pasir Special *
Bahanya :
* 10 buah pisang kepok yg mateng potong kecil kecil ya..
* Mertega 3sdm di cairkan
* Susu sapi 250 ml
* Garem sedikit
* 2sdm Skm putih
* Keju 1/2 kotak di parut
* 2Butir telor antero
* Tepung terigu kira kira aja yaa..
* Tepung panir
* 1 telor kocok lepas
* Keju Quick Melt

Caranya :
* Campurkan tepung, telor, susu, garam, keju ,skm , mertega cair aduk aduk smp rata
* Masukan pisang yg sdh dipotong 2, aduk rata lg
* Siapkan loyang pai kecil 2 olesin dgn margarin, ambil adonan masukan ke dalam loyang pai
* Kukus selama 30 menit, setelah matang biarkan dingin
*Masukan adonan Pisang yg sdh matang di kukus , ke dalam telor kocok & gulingkan kedalam tepung panir.masukan kulkas 10 menitan
 biar gak gampang copot paniranya, siapdi panggang 20 menitan atau smp tepung panirnya keemasan
*Keluarkan dr oven beri paleta rasa apa aja suka suka.kasi parutan keju Quick melt, panggang lg 10 menitan biarkan smp keju meleleh matikan apainya
* Siap di hidangkan buat keluarga..






Puding Putri dlm Kaca BMS# 7

Beberapa kali bolos BMS karna kesibukan di rumah...
Ini hasil karya saya BMS# 7
cuma satu aja fotonya jg pudingnya krn hampir gak sempat buat lg...

 Cara buatnya..
* Bikin puding yg di cetak dgn loyang motip yg ini bungga matahari
* Setelah jadi keluarkan, taruh di mangkok yg lebih besar lg bunga menghadap kebawah mangkok
* Siram dgn agar agar bening biarkan smp set... balikan jadilah spt yg di foto
* Puding bisa pake resep apa aja , mau susu, santan dll suka suka aja..




Kamis, 07 November 2013

Pisang gr Pasir Special

Dapat oleh oleh Pisang Kepok dr Pare..Tepatnya sih ngerampok deh kayaknya hahahaha *_*
Saya liat di lemari stok..ada keju 4 kotak...jadi kepikiran mau buat pisgor pake keju deh..
Saya kalau masak atau buat cemilan hampir gak pernah nimbangin bahan hanya kira kira aja..


*  Pisgor Pasir Special *
Bahanya :
* 10 buah pisang kepok yg mateng potong kecil kecil ya..
* Mertega 3sdm di cairkan
* Susu sapi 250 ml
* Garem sedikit
* 2sdm Skm putih
* Keju 1/2 kotak di parut
* 2Butir telor antero
* Tepung terigu kira kira aja yaa..
* Tepung panir
* 1 telor kocok lepas

Caranya :
* Campurkan tepung, telor, susu, garam, keju ,skm , mertega cair aduk aduk smp rata
* Masukan pisang yg sdh dipotong 2, aduk rata lg
* Siapkan loyang pai kecil 2 olesin dgn margarin, ambil adonan masukan ke dalam loyang pai
* Kukus selama 30 menit, setelah matang biarkan dingin
*Masukan adonan Pisang  yg sdh matang , ke dalam telor kocok & gulingkan kedalam tepung panir.masukan kulkas 10 menitan
 biar gak gampang copot paniranya, siap di goreng dlm minyak yg banyak...




Senin, 04 November 2013

Bala bala / Bakwan Sayuran

Kemaren masak Sayur Bening...liat dlm kulkas ada tauge 1 bungkus & wortel 2 buah
ada jagung manis 2 buah juga, timbang rusak lgs aja saya buat bala bala / bakwan sayuran
Alhasil semuanya lgs Habis..di sikat Jeffry & Papanya termasuk saya jg tentunya ^_^
jadilah si bala bala ala teh Icih yg sangat enak nih...Pas selesai goreng bala bala..
Pak Billy / suami saya datang kasi nampan kecil dr akrelik, lgs saya cuci & lap smp kering
jadi deh buat properti futu futu saya..makasi yaa Ayank papi *_*,

Saya kalau masak gak pernah di timbang2 pake ilmu kira kira aja....

Bahanya :
* Wortel di kupas & di serut tipis
* Jagung manis cuci bersih di sisir
* Tauge kacang ijo di cuci buang akarnya
* Daun bawang & seledri diiris agak halus
Bumbunya :
* Bawang putih
* Bawang merah
* Kemiri
* Garem & Gula pasir
* Merica bubuk
* Telor & air di kocok sisihkan
Caranya :
* Telor & tepung di aduk 2 smp licin 
* Masukan bumbu halus aduk smp rata
* Masukan sayuran semuanya & aduk aduk lg smp rata
* Siap di goreng... Taaaaaraaaaa..jadi deh si Bala bala *_*









Rabu, 30 Oktober 2013

Puding Panggang

Puding Panggang Baru pertama kali buatnya..
Ini jg buatnya kecil aja..krn di rumah jg cuma ber 3 aja..
Resep Aslinya  saya lupa liat dr teman yg pernah posting di fb, 

Puding Panggang
Bahan:
2 Bungkus agar-agar bubuk
60 gr margarine
3 Butir telur
100 gr gula pasir
25 gr tepung terigu
10 gr tepung custard
600 ml susu Sapi
250 WCC
Pasta Stroberi suka suka
Pasta Vanilla L'arome suka suka aja

Cara :
* Cairkan Margarine, sisihkan
* Didihkan agar-agar,50 gr gula pasir dan susu Sapi & Wcc, masak sampai mendidih,
* Kocok dengan mikser telur dan 50 gr gula pasir dan vanilla esens hingga gula larut dan
  mengental
* Masukkan tepung terigu dan tepung custard ke dalam telur, masukkan mentega cair
* Campur susu ke dalam adonan telur, aduk rata dan saring adonan
* Bagi adonan menjadi 2 bagian sama banyak, beri 1 bagian dengan Pasta Stroberi,
  1bagian biarkan warna putih
* Siapkan Pinggan tahan panas, olesin dgn mertega smp rata
* Tuang adonan Putih, biarkan agak mengeras & tuangkan adonan yg sdh di beri pasta stroberi
* Panggang au bain marie selama kurang lebih 60 menit
* Angkat, dinginkan kemudian masukkan ke dalam kulkas

Senin, 28 Oktober 2013

Nasi Uduk Sambal Kacang

Seperti biasa di kediri gak akan ada yg jual nasi uduk plus tempe & tahu bacem
apa lagi sambel kacang yg jadi temen makan .
Alhasil seperti biasanya jg saya harus buat sendiri & kali ini saya minus mie gr or bihun gr
Jadilah spt foto ini Maksi kel saya, Puji Tuhan laris manis lgs abis *_*

* NASI UDUK *
Bahanya :
* Beras Cuci bersih tiriskan
* Daun salam beberapa Lembar
* Sere ambil bagian yg putih Geprek
* Kelapa di peras , dijadikan santan , masak dgn garam sisihkan

Caranya :
* Masak santan dgn garam agak banyak / lebih asin dr masak santan biasa
* Masukan daun Salam beberapa lembar & Sere / Sereh yg di geprek aduk 2 smp santan mendidih sishkan * Kukus beras smp beras lengket 2 gak kepyar / mawur lg
* Siapkan wadah. Taruh Beras yg sdh di kukus , siram sedikit 2 santan yg sdh dimasak dgn daun salam & sere
* Lihat Jika beras sdh terlihat gemuk 2 / mekar santan di hentikan
* Diamkan sekitar 15 menit biarkan smp asat / Set antara santan dan beras , menjadi karonan
* Siap dikukus smp matang....

# Tempe & Tahu bacem #
Bahanya :
* Tahu & tempe potong sesuai selera
* Bawang merah  , Bawang putih , tumbar , kemiri haluskan semuanya
* Daun salam & Sere
* Gula Merah di sisir secukupnya
Caranya:
* Gongso / Tumis bumbu halus & daun salam , sere
* Tambahkan sedikit air & masukan sisiran gula merah biarkan smp gula larut
* Masukan tahu & tempe, masak dgn api kecil,
* Setelah tahu & tempe berubah warna menjadi coklat matikan & siap di gr

Pelengkap : Emping gr & Telor dadar rawis

* Sambal Kacang *
* Kacang tanah 250 gr di sangrai / goreng tanpa minyak ( pake minyak jg boleh suka suka aja yg ini saya      sangrai yaa
* Kemiri 5 buah jg di sangrai
* Bawang Putih 2 siung besar di gr
* Cabe merah 3 buah, yg suka pedes boleh tambahin rawit ya
* Garam, gula secukupnya aja
* Cuka masak 1sdt
* Air panas 100ml / yg mau encer ya boleh aja ditambahkan airnya
 Caranya :
* Haluskan cabe , garam
* Tambahkan kacang, bawang putih gr, kemiri , gula blender smp halus
*Taruh di wadah hasil blenderan , Tuangin cuka dan air aduk smp rata dan cicipin sesuai selera..
Jadi deh...

Sabtu, 26 Oktober 2013

Belajar Art of Puding

Saya baru belajar kemaren sore...
Saya belajar di 5 Media 2 besar & 3 di media kecil
Ternyata yg di media kecil menurut saya lebih sulit dr yg besar / mangkok besar lebih mudah & yg kecil agak susah,
Ini hasilnya Praktek sendiri di dapur saya


..
Sumber : Majalah Sedap

Bahan I :
2 bks Jelly Bubuk Instant
150 gr gula pasir
1200 ml air
1/4 sdt vanili (saya skip)

Bahan II
600 ml susu cair
3/4 sdt jelly bubuk instant
3/4 sdt agar2 plain
75 gr gula
Pewarna suka suka aja

Bahan III
800 ml susu cair
1/2 bks agar2 bubuk
1 sdt jelly bubuk instant
150 gr gula
1/8 sdt garam

Caranya :
Rebus Bahan I hingga mendidih, angkat tuang dlm mangkuk (contoh mangkuk yg bening ya, dinginkan
Rebus Bahan II hingga mendidih, angkat, bagi beberapa warna (putih,kuning, hijau)
Sedot puding kuning dgn spuit/injeksi/suntikan medis, suntikkan ke dalam Bahan I (mangkuk)
Buat motif putik di tengah2
Sedot puding merah, suntikkan ke Bahan I utk membuat kelopak bunga
Sedot bahan hijau, suntikkan utk membuat daun/ saya masih belajar gak buat daun dulu
Rebus Bahan III hingga mendidih, tuang ke manggkuk (puding yg sudah bermotif), dinginkan
Lepaskan puding dari mangkuk,di balik jadi keliatan td yg kita suntikan kedalam puding sajikan









Selasa, 22 Oktober 2013

Pangsit kuah Tahu Cai sim

Saya buat masakan yg simpel aja deh buat maksi kel saya terSayang..
Saya intip di kulkas ada udang,juga ada kulit pangsit & bakso lebihan jualan kemaren
Lgs kepasar Beli Cai Sim nya / sawi hijau dkk nya...
Jadi lah masakan spy yg di bawah ini...dan yg penting kel saya suka semuanya
Buat saya kalau saya masak yg Berkuah saya selalu menggutamakan rasa kuahnya dahulu
karna kuah gak kalah penting dr isinya...ini buat saya Pribadi loh yaa..



 * Pangsit kuah Tahu Cai Sim *

Bahan kuah :
* Tulang ayam
* 1 Bawang Bombai potong jd 4
* Garam, merica, kecap ikan
* 2 siung bawang Putih cacah gr
* Daun Pre / daun bawang potong panjang 2 / sepanjang 1 jari
* Sejumput gula pasir
Caranya :
* Rebus air di panci tutup biarkan smp mendidih
* Masukan Semua yg di atas, biarkan smp mendidih , kecilkan apinya
Kita lgs kerjakan isi pangsitnya.

Bahan isinya :
* 1tahu putih potong kotak kotak sesuai kesukaan aja yaa..
* Bakso kerat jd 4 jgn smp putus
* Cai sim ambil yg tengahnya aja , biarkan gagangnya agak panjang
* Kulit pangsit siap pakai / saya sdh pernah share caranya
* 250 gr Udang kupas cacah
* 150 gr ayam cacah juga
* Garam , merica, minyak wijen, kecap ikan,
* Tepung kanji 1sendok teh buat menyatukan saja jgn banyak banyak nanti gak terasa udang & ayamnya.

Caranya :
* Campur udang & ayam jg semua bumbu 2 aduk smp rata
* Penyelesainyanya ,ambil 1 lembar kulit pangsit, isi dgn adonan udang, lipat jd segitiga / lipat jd dua
lakukan smp isian habis. sisihkan
* Rebus pangsit di air mendidih smp mengapung tanda sdh matang angkat sisihkan
*  Kuah kaldu dimatikan apinya. saring kuah kedalam panci
*  Masukan potongan tahu & bakso dgn api kecil smp tahu & bakso mengapung
* Masukan cai sim
* Masukan pangsit yg sdh di rebus, kira2 5menit aja, matikan api & Kasi minyak wijen beberapa tetes aja
* Tata dlm mangkok taburi dgn daun bawang & Cai sim yg sdh di rebus

Pangsitnya boleh di sisain buat di gr..spt foto yg diatas

Sabtu, 19 Oktober 2013

Puding Bungga Matahari

Ada Teman yg lg Ultah...
Lagi pengen aja hadiahin puding & kebetulanlg gak males bikinya nih
plus seadanya bahan aja deh buatnya..
Bisa dipakai resep apa aja...yg penting telaten ,kalau bikin puding model ini
Saya share dasar puding yg mudah & simpel yaa




 * Puding Susu *

Bahanya :
* Susu Sapi 1Liter
* 1bks Ager bubuk yg bagus ya
* 1 bks jelly yg kecil / 1 sendok makan
* Gula sesuai yg di suka manisnya
* Rum jamaica / pasta /esens / vanilli  apa aja suka suka sesuaikan dgn selera

Cara masaknya :
* Campur susu , gula ,masak smp mendidih
* Jelly & Agar bubuk masukan dlm gelas yg ada airnya 1/2 aduk aduk rata
* Masukan dlm adonan susu aduk aduk & masak lg smp mendidih
* Masukan Rum atau pasta / vanilli / esens
* Ambil sedikit adonan beri pasta BF cetak di putik  / tengah biarkan smp set / keras
*  Baru sisa adonan di beri warna kuning,siap di cetak di kelopak bunga, biarkan dingin masukan ke dlm kulkas , smp beku siap di keluarkan dr cetakanya






Jumat, 18 Oktober 2013

Puding Bunga Matahari Pink

Saya nemu Cetakan Puding Matahari..
Karna saya suka sekali dengan warna pink jadi saya buat sesuai dgn warna kesukaan saya aja *_*
Puding ini bisa dibuat dgn resep puding apa aja yaa..'
Resep andalan kel kita masing masing...@_@
Saya pengen kasi resep Puding yg dasar & mudah di buatnya ,


 * Puding Susu *
Bahanya :
* Susu Sapi 1Liter
* 1bks Ager bubuk yg bagus ya
* 1 bks jelly yg kecil / 1 sendok makan
* Gula sesuai yg di suka manisnya
* Rum jamaica / pasta /esens / vanilli  apa aja suka suka sesuaikan dgn selera

Cara masaknya :
* Campur susu , gula ,masak smp mendidih
* Jelly & Agar bubuk masukan dlm gelas yg ada airnya 1/2 aduk aduk rata
* Masukan dlm adonan susu , aduk aduk, masak lg smp mendidih
* Masukan rum, atau vanilli / pasta / essens
* Ambil sedikit adonan tambahkan Warna kuning buat Putiknya, biarkan smp set,
*Sisa adonan di beri warna Pink , tuang adonan ke cetakan yg berbentuk kelopak,  biarkan dlm kulkas smp set siap di lepas dr cetakan.







Rabu, 16 Oktober 2013

Sop Kambing Betawi

Di Kota Tahu Kediri jarang banget orang jual daging kambing...
Kalau olahan kambing banyak yg jual, dr sate , gule banyak yg jual...
Jadi kalau pengen makan Sop kambing Betawi ya harus buat sendiri..


* Sop Kambing Betawi *
* Daging Kambing
* Kentang di kupas potong agak besar
Bumbu yg di haluskan :
* Bawang Merah
* Bawang Putih
* Kemiri
* Kunyit
* Tumbar
* Cabe Merah 2 buah dibuang bijinya
* Lada / Merica
Bumbu Rempah
* Kayu manis
* Daun jeruk
* Daun alam
* Sere di geprek
* Saya punya bumbu Kari saya tambahkan 2 sendok makan
* Susu Sapi 250 ml
* Kelapa 1/4 di parut di peras ambil santanya
Pelengkap ;
* Sambel
* Emping saya gak beli kelupaan
* Bawang gr buat taburan
* Daun bawang buat taburan
* Jeruk nipis krn di kediri jarang ada jeruk Limo


Caranya :
* Rebus Daging smp mendidih & daging berubah warna menjadi keras angkat potong potong
* Buang air rebusan, rebus lg  sedikit air biarkan mendidih, masukan daging
* Haluskan semua bumbu ,tumis smp harum, masukan bumbu rempah & bumbu kari aduk aduk, kasi garam
* Masukan bumbu kedalam rebusan daging , masukan jg  bawang daun yg di iket atau dip[otong agak besar , kecilkan api smp daging 1/2 empuk, masukan kentang.
* Masukan santan aduk aduk , masukan susu sapi. aduk aduk lagi
* Tutup panci & kecilkan apinya,smp daging empuk
* Siap di hidangkan , di taburi dgn bawang gr dan daun bawang yg di iris agak kecil





Senin, 14 Oktober 2013

Chicken Cordon Bleu Roll

Beberapa waktu yg lalu saya buat yg ayam lembaran, kali ini saya coba buat yg di roll
Pak billy & Jeffry sangat suka dgn masakan ini , senang bangeeeeet..lgs ludes bikinya jg cuma 2 roll aja
Satu Roll hanya 4 potong spt foto dibawah ini,


# Chicken Cordon Bleu  Roll #
Bahanya :
* Dada Ayam buang tulang tengahnya ambil daging kanan & kiri
* Tiap sisi belah jd dua sampai putus, pukul pukul biar agak lebar
* Kasi perasan jeruk nipis, garam, merica simpan dlm kulkas 20 menit biar merasuk
* Minyak buat ngegoreng

Bahan Isi :
* 1 Keju Lembaran
* 2 Lembar daging asap

 Pelengkap :
 * Cah Sayur apa aja suka suka yaa yg ini cuma kembang kol , jamur, wortel ,tabur wijen
 * Perkedel Kentang

Bahan Pencelup :
* 1Telor kocok
* Tepung panir

Caranya :
*  Setelah ayam di rendam  keluarkan dr kulkas
* Isi tengah ayam dgn Daging asap, Keju lembaran , lalu di gulung agak rapat
 * Celupkan ke dalam kocokan telor & gulingkan dlm Tepung panis, lakukan smp 2 kali biar tebal tepung panirnya,
* Masukan kulkas lg kurleb 15 menit biar gak byk yg rontok waktu di goreng.
* Goreng dgn minyak yg banyak / smp ayam terendam minyak yaa, goreng smp kuning keemasan
* Setelah dingin siap dipotong..

Gado gado Ulek Jakarta

Kalau saya pengen makan Gado gado ulek ala Jakarta ya jelas harus buat sendiri
Saya paling suka sekali dgn gado gado ulek ala Jakarta, karna rasanya yg berbeda dgn gado gado yg lain
Semuanya di campur jadi satu baru dihidangkan tidak disiram spt gado gado yg lain..
Saya mau berbagi cara buatnya ala saya, spt yg biasa saya beli di deket rumah , gado gado Cek Mumun yg sangat ternama di daerah Jelambar


Bahan Sayuranya :
* Jagung manis di rebus / di sisir
* Tauge di masukin ke dlm air panas sebentar aja , jgn smp londot or nyunyut yaa
* Kol yg dipotong 2 di rebus
* Daun bayam di petikin di rebus
* di kulkas ada lebihan wortel saya potong & rebus
* Daun selada lalap di potong potong
* Tempe & Tahu di gr
* Rebus kentang smp mateng, potong potong sisihkan
* Telor di rebus smp matang ,kupas potong jd 6 bahian sisihkan
* Kerupuk merah & Emping / ini saya gak foto nanti ketutupan gado gadonya hahaha alasan kelupaan naruh
Sayuran apa jg boleh sesuai selera aja yaa

Bahan bumbu :
* Kacang tanah di gr , setelah dingin di blender smp halus sisihkan / di haluskan
* Cabe merah
* Bawang putih 2siung buat spt foto kira kira 3 piring
* Gula merah di sisir
* Air asem / asem di rendam dgn air hangat
* Garam
* Bawang merah gr
* Jeruk Limo / belah 2
Caranya :
* Ulek cabe, garem, bawng putih, bawang merah, smp halus, masukan kacang yg sdh di haluskan
* Kasi air asem 2 sendok makan, masukan gula merah yg sdh di sisir, aduk aduk smp rata, kasi air perasan air jeruk limo, aduk 2 smp rata
* Masukan semua bahan sayuran ,potong potong tahu dan tempe , potong jg kentang rebus, aduk aduk dgn sepatula dan sendok.
* Sudah tercampur rata, tata di piring, siap dikasi telur rebus yg sdh dipotong potong , dan di taburin dgn bawang gr, kasi emping & kerupuk merah.
Maaf yaa yg ini saya lupa kasi kerupuk & emping gr, maklum pengen cepet cepet dimakan sih  :)





Sabtu, 12 Oktober 2013

Lele gr Cabut Tulang

Bungsu saya suka banget makan ikan Lele..
Biasanya cuma di gr kering aja & di cocol sambel, dah gak pernah diapa apain lg
Pagi kepasar beli lele yg 500gr isi 3 lumayan gede kan yaa..
di tanyain yg jual mau di bersihin gak, wah kebetulan lgs aja bilang tolong di buang kepalanya dan tolong di belah jadi dua,..kata yg jual mau di bakar ya mah, lgs bilang iya aja deh biar cepet.
Sampai di rumah minta tolong Suami / pak billy buangin duri tengahnya, secara saya geli banget pegang lele..
siap di filet suami...lgs deh di eksekusi...


* Lele gr Cabut Tulang *

Bahanya :
Lele di filet / buang tulang tengahnya
Di kecerin air jeruk nipis / dikasi perasan air jeruk

Bumbunya :
Bawang putih ,tumbar, kunyit ulek alus, kasi garam
 Sujen sate / tusukan sate
Tepung terigu campur dgn tepung kanji /tapioka aduk aduk dgn garam sisihkan
Caranya :
* Ikan Lele di baluri bumbu halus smp rata diamkan 20 menit, masukin kulkas,
   kalau saya, tutup sama plastik biar baunya gak campur aduk di kulkasnya / tas plastik
* Ikan di angkat di gulingkan ke tepung
*Setelah itu tusuk ikan dgn lidi sate / tusukan sate
* Siapkan wajan dhn minyak agak banyak, ikan siap di gr smp kuning
Pelengkap sambel apa aja boleh yg ini sambel terasi biasa aja.





Lapis Surabaya NCC

Lama banget gak bikin Lapis Surabaya aka si Lapsur...
Mumpung gak ada orderan ,saya buat si lapsur yg melegendaris..
saya pake resepnya NCC yg pake 30 telur, yang tanpa emusifier, ini saya buat 1/2 resep aja
maklum kel kecil jeh..

 * Lapis Surabaya *

Bahan untuk setiap lapis:
10 btr kuning telur
100 gr gula pasir
125 gr mentega kocok / saya pake 90gr Blue Band & 35gr Butter yg enak
50 gr tepung terigu

Cara membuat :

1. Kocok telur dan gula hingga kental, matikan mixer.
2. Masukkan mentega kocok, aduk rata. Masukkan tepung terigu. Aduk rata.
3. Tuang kedalam loyang tipis 22x22x4cm. oven 20 menit, suhu 180”C.
4. Buat 3 lapis adonan, untuk adonan coklat, tambahkan 1 sdm coklat pasta Balck Forest,
   aduk rata ,/ saya pake coklat bubuk Black Forest dgn mengurangi 10gr tepung terigu


Jumat, 11 Oktober 2013

Kue Satu Kacang Ijo

Dulu waktu saya masih kecil / anak anak , Kue Satu sering dibuatin mami saya
yg saya ingat di jemur di terik matahari aja tanpa di oven..kali ini saya buat yg di oven sesuai resep


Saya pakai Resepnya Rosdaniar Win
yg sudah saya modif sedikit spt dibawah ini

* Kue Satu *

Bahanya:
100 gram tepung kacang hijau ( dari 120 gr kacang ijo kupas + 30gr kacang ijo yg ada
kulitnya,saya sangrai,di blender setelah dingin, lalu di Ayak)
40 gram gula pasir (yg saya haluskan juga pake blender )
3 sdm air

Caranya :
1. campur tepung kacang hijau dan gula jadi satu tambahkan air aduk rata.
2. Adonan siap dicetak
3. Panaskan oven 120 derajat ( oven listrik)
4. Bakar kue satu dalam oven selama 15 menit
5. Biarkan kue dingin, baru masukkan toples
6. Hasilnya 15 biji



Template by:

Free Blog Templates