Kamis, 16 Oktober 2014

Mangga Podang

 Pertama kenal mangga Podang saat saya mulai tinggal di kediri thn 1988
Saya suka sekali dengan rasanya yg manis dan Asem & makan banyakpun gak sakit perut saya sudah buktikan makan 5 biji gede 2 setara dgn 3kg gak apa apa.

Mangga podang memang memiliki kekhasan bila dibandingkan dengan buah mangga jenis lain baik dari segi rasa ataupun warnanya. Warna kulitnya kuning dengan sedikit bintik merah didekat pangkal dahannya, membawa daya tarik tersendiri bila dipandang. Aromanya khas mengundang selera segar apabila didekati. Rasanya manis walau tanpa gula.

Mangga Podang  terdapat di lima kecamatan yang melingkari gunung Wilis yaitu Kecamatan Banyakan, Tarokan, Grogol, Mojo, dan Semen, saat mulai panen harganya lumayan mahal dr 13.500 smp 15.000 sekilonya, pas musin beuuuuuug murag banget deh smp 5000 rupiah bahkan di tempatnya bisa 2500 smp 3500.Mangga podang ini berbuah lebat disaat musin panas, karna musim ujan gak akan berbuah dgn baik info ini saya dapatkan dr pemilik lahan podon podang yg luas di daerah Mojo.

 Ini saya beli pas baru musim sekilonya RP 13.500 sekilo isi 3 buah aja,
 Saya kalau beli selalu yg Podang gunung sebutnya yg ada warna merah 2 nya diatas..spt foto foto saya ini

Tiap saya pulkam saya selalu bawa buat oleh oleh selain tahu & stik tahu kediri..dgn alasan di Jakarta gak ada wkwkwkwkw padahal ada tuh ya sekarang yg jual mangga Podang ,wlp harga sekilonya mahiil dr Kediri..ya iyalah karna mangga ini kan dibawanya ke Jakartanya pake bahan bakar tuh ya
Jangan lupa saat ke kediri icip icip mangga Podang ini yaaa..

Kamis, 09 Oktober 2014

Rawon Jawa Timur

 Awal saya kenal rawon saat saya tinggal di Jawa Timur tepatnya di Kota Kediri 26 tahun yg lalu
di Jawa timur nama masakan rawon sangatlah populer sekali....daging sapi yg berkuah hitam tapi enak rasanya *_*
Anak anak saya semuanya suka dgn masakan rawon plus empal tentunya

Belakangan saya agak sibuk riwa riwi ngukur jalan & puji Tuhan banyak orderan yg masuk...
otomatis asupan buat keluarga sesuai orderan ...gak mungkinkanya saya harus masak lg..khusus kel
maklum saya kan gak pake asisten loh semuanya saya kerjakan sendiri semampunya ajalah....
capek ya gak jualan istirahat & sudah pulih tenaganya jualan lg...wooow malah curhat euuuuy...

Rawon..salah satu masakan kesukaan kel saya,dan gak pernah ada capar pendek aka tauge bogel apa lagi yg namanya telor asin...pasti gak akan di temukan di meja makan kel saya... gak ada yg suka soalnya..
resep rawon ini saya dapatkan dari ibu RT sewaktu saya tinggal di Jl patimura dulu..smp skrg saya cocok sekali,dengan resep Ibu RT saya ,ini dia resepnya...Mohon maaf sebelumnya saya tiap masak gak pernah nimbang 2 jg gak pernah itung menghitung berapa gr or berapa siung si bawangnya,semuanya pake ilmu kira kira aja..maklum saya gak pernah les masak jeh *_* harap maklum ya..

 # Rawon #
Bumbu yg dihaluskan
 * Daging Kisi cuci bersih rebus dengan sedikit garam smp airnya mendidih biarkan 10 menit angkat potong2 sesuai selera & potong agak besar buat bikin empalnya. Tusuk dgn sujen ( tusukan sate) biar gampang nyarinya saat mau di goreng ,gak aduk aduk begitu maksutnya & mudah ambilnya di dlm panci
* Bawang merah
* Bawang putih
* Ketumbar
* Kemiri
* Kunyit sedikit aja
* Lada
* Garam
* Gula pasir sedikit
Bumbu Rempah
* Batang sere di memarkan
* Daun jeruk di sobek sobek
* Jahe kecil di geprek
* Keluak di cuci bersih ,di keluarkan isinya di icipin takut ada yg rusak atau pait
rendam dlm kuah daging yg panas,sambil di tekan tekan, saring masukan kedalam panci yg berisi daging ulangi sampai keluaknya bening ( di rumah saya gak suka keluaknya di blender ) biar berwarna item kuahnya tapi bening

Caranya :
* Tumis bumbu halus, masukan rempah2 smp harum,tuang tumisan bumbu kedalam kuah daging
* Masak smp mendidih,sesudah mendidih kecilkan apinya tutup pancinya smp dagingnya empuk
* Siap di santap & empalnya siap di goreng

Note :
# Ambil daging empal, keluarkan dr tusukan satenya ( sujen )
# Pukul pelan supaya lebar,
# Ambil sedikit gula merah, kuah rawon panas, masukan daging empalnya,diamkan beberapa saat siap di goreng
# Saat menggoreng biarkan minyaknya panas, masukan daging empalnya, kecilkan api, balik angkat jgn lama lama gorengnya nanti jd gosong karna dikasi gula merah
 Jangan lupa siapkan sambal terasinya juga ya..


Masalah daging bisa juga di ganti ,sandung lamur ataupun silap sesuaikan dgn kesukaan masing masig
kalau mau buat empal dgn serat panjang ya harus beli yg namanya Gandik, saya semuanya jadi satu aja biar hemat hehehehehe,,,



Sabtu, 04 Oktober 2014

Diet Mayo

Puji Tuhan saya salah satu perempuan yg selama remaja gak pernah diet sama sekali , karna berat badan saya saat remaja cuma 39 kg aja,
saat SMA tiap ada  perlombaan lari 100 meter  sayalah juaranya, sampai ke senayan pun tanding dgn sekolah lain saya tetep no 1,, smp temen dekat bilang,kamu itu larinya gak kenceng tapi dibantu angin jd wuuus...wuuus lgs finis ,saya cuma senyum aja klw di godain spt ini , bahkan sering juga di bonceng temen pas pulang sekolah, selalu di teriakin ketua osis,udah di iket karet belom tuh entar terbang lagi, semua yg ada di sekolah ngetawain ,jd kangen sohib SMA deh,

Bahkan setelah berkeluarga berat saya tetep gak naik banyak cuma 42kg saja setelah melahirkan ke 3 anak anak saya yg lucu lucu & manis.
Suatu saat saya pulkam ada tetangga lama yg liat saya dateng bilang wiek..lu skrg berat berapa ? msh begeng aja lu wiek .saya jwb 42kg ,temen saya bilang lg 10 taun lu nikah cuma nambah 3kg doang,jangan jangan idup lu ngenes ya di kediri...ooooo so sweet omonganya pengen nabok aja tuh mulutnya yg asal bunyi aja kayak petasan cabe rawit,

Wah kok jd panjang bener cerita masa remaja.

Kembali ke diet mayo..diet yg menurut say lumayan cepet nurunin berat badan nih, Asalkan kita tertip ngejalaninya & gak boleh nyimpang dr apa yg sudah di tentukan, ,# no salt,no # sugar #no rice, # no ice water ,buat saya diet ini bikin mabok karna kebanyakan makan dagin dalam satu harinya jg telur , saya lebih suka DETOX minum jus tiap hari & hanya makan sekali dlm sehari , ini yg di ajarkan ke saya oleh dr Chendra yg pernah saya tulis 
Saya hanya mencoba diet mayo selama 3 hari dan hasilnya luar biasa banget lgs turun 3kg.....
buat saya yg punya berat badan hanya 52kg cukup sudah ,di terusin bisa Anoreksi saya hahahaha lebay...   Ini timbangan petama sebelum diet 52kg

                                                                                                                                                                        # Pagi hari saya spt biasa minum Jeniper,sepulang belanja dr pasar saya minum Teh hijau ( dr chines tea )                                     
# Siangnya 2 telur rebus dgn bayam rebus & tomat, selada ( telur yg besar buat perbandingan gak saya makan loh ya..yg saya makan hanya 3 telur yg keciiiiiil kecil




  • makmalnyaayam sata bumbuin bawang merah , bawang putih, merica, sedikit gula merah ,sedikit air kukus smp ayam empuk & di panggan sebentar
    Hari ke 2
    Maksinya ayam panggan spt yg diatas
    Makmalnya Dagin saya bacem dgn tumbar bubuk, gula merah dikit aja, & kangkung rebus
    Hari ke 3 teh Bunga
    Maksi omelet  bayam & cabe rawit biar enak heheheh saya cetak di cetakan kue lumpur nih yg di olesin unsalted butter

     Makmalnya ayam cacah
                               ini tabelnya diet mayo yg saya boleh googling 
    Menurut saya loh ya..apapun dietnya kalau kita gak manata makan selanjutnya setelah diet & harus OLAH RAGA kayaknya akan sia sia balik ke berat asal dan bahkan bisa lebih gemuk ,ini menurut saya loh ya...


                                                          
































Sabtu, 27 September 2014

Stroberi Chees Cake

Dapat orderan Chees Cake dalam gelas kecil kecil sebanyak 90 buah
Puji Tuhan dapat Orderan yg banyak di akhir bulan sep'2014
saat ngerjain lapisan bawah saya di bantuin suami saya buat neken neken smp padat
lumayan encok nih kalau gak dibantuin ya & pastinya lama banget deh andaikan sendirian ngerjainya
awalnya pesanan mau diambil hari selasa tgl 23 yg di ganti dengan hari rabu 24 sebagian & sebagian lg kamis tgl 25
wah..lumayan ya kalau dibagi 2 ambilnya jd gak smp malem bingiiiitz deh saya bobonya hahahaha dasar ngantukan saya ini ya..yg biasa jam 20.00 dah langsung tarik selimut hahahahaha..
lah kok malah curhat soal tidur nih yaaa....langsung aja nih dia bahan 2 nya Strobery Chees Cake

 # Stroberi Chees Cake #


Bahanya Alas :
380 gram Oreo 

150 gram butter lelehkan
 

Bahan 1 & 2 :
250 gr cream cheese, biarkan suhu ruang
50 gr butter dingin
1/4 sdt garem
150 gr WCC dilelehkan
200 gram krim kental, kocok setengah mengembang / bisa di ganti dgn (200 gr bubuk wipped cream  kocok dgn air Es 400ml)

Skm putih 8 sdm
12 gam gelatin, 4 sdm airpanas, tim
1 sendok teh air jeruk lemon

Topingnya :
1/2klg susu putih ( susu kental manis )
1bks agar & 1/2 bks jelly yg kecil 
3 gelas air
2 sdm bubuk vanilli ( vanilla susu)
* Masak smp mendidih semua bahan ,cetak di catakan bentuk hati,biarkan smp membeku ( set)
* 1bks agar agar putih di masak dgn 3 gls air & gula 5sdm ,buat perekat agar bentuk hati
 
Cara membuat:
*Alas, campur biskuit dan mentega leleh. Aduk rata.
* Masukan dlm gelas tekan tekan smp rata.
  Dinginkan dalam lemari es.sampai beku saya 1 malam
*Bahan I, kocok cream cheese, mentega,  skm dan garam sampai lembut.
  Tambahkan cokelat masak putih dan gelatin. Kocok rata.
  Tambahkan kocokan krim sedikit-sedikit ke dalam campuran cream cheese.
  Kocok rata.Bagi 2 bagian.
*Ambil 1 bagian adonan keju. Beri setengah bagian campuran Selai stroberi Aduk asal semburat.
*Sebagian lg biarkan putih masukan dlm piping bag ( pelastik segitiga )

Penyelesaianya :
# Ambil gelas yg sdh di bekukan semalaman, semprotkan  adonan g putih sebagian,masukan dlm kulkas lg biarkan smp agak beku kira kira 2 jam.
# Sempotkan lg yg di beri stroberi masukan lg dlm kulkas biarkan beku.
# Taruh agar agar bentuk hati diatas adonan stroberi
# Bari perekat dgn agar agar putih biarkan smp beku...taraaaaa siap dinikmati



Jumat, 26 September 2014

Pelanggan Setia


Berawal kenal dgn dokter ini dr fb luar biasa sekali ya ternyata fb banyak membantu saya dlm banyak hal yg pastinya hal hal yg baik dan positip loh ya...
dokter ini sering sekali melihat postingan jualan saya di fb dan mencoba memesan dgn saya melalui inbox
yg selanjutnya kami ber sms ria memesan makananya & saat saya kabarkan,  sudah antar masakan yg di pesannya...

Siapakah dia dokter ini hayooooooo.........
namanya dr Ratih Gunadi  pelanggan setia saya selama 4 taunan gak terasa ya..sudah sekian lama
saya selalu mengirim ke RS Baptis hanya 2 X dalam seminggu selasa dan kamis.
dr Ratih buat saya bukan hanya sebagai pembeli tapi sudah menjadi teman yg baik buat saya selalu mensuport saya buat menjual banyak macam masakan yg saya bisa.

 dr Ratih  fav semua masakan yg berbumbu saus, sop merah , galantine , bistik gr , bistik utuh,
butter cake, chees cake unbaked dll msh banyak yg gak bisa saya sebutkan.
Kemaren pesan 90 gelas Chees cake buat dibagikan keseluruh dokter yg ada di RS Baptis.
untuk pamitan yg sudah tidak bertugas lg di RS Baptis,mulai 26 Sep 2014
sewaktu saya dipamitin sedih sekali rasanya bukan hanya kehilangan seorang pelanggan tapi seseorang yg baik kesaya selama ini.yg tidak bisa diungkapkan dgn kata kata deh.

dr Ratih itu baiknya tulus dan iklas tanpa di rekayasa spt kebanyakan orang yg saya kenal, yg mengenalnya pun pasti akan berkata yg sama seperti sayalah.krn memang baik banget ,luar biasa sekali belakangan ini saya selalu di berikan TUHAN teman teman & sahabat yg luar biasa buat saya, Khan Xie Chu
ini dia penampakan dr Ratih pas ambil Chees cakenya..




Mulai bulan depan saya tidak lg kirim masakan buat dr Ratih,semoga beiau selalu diberikan Kesehatan lebih & panjang umur oleh Tuhan, supaya saya saat ke malang dapat mampir kerumahnya untuk melepas rasa kangen.
Makasi ya dok selama ini selalu membeli segala macam masakan saya & cemilan cemilan yg saya jual.

Selamat Berkarya di Ladang yg lain ya dok & makin Happy selalu bersama Keluarga tersayang
Miss U dok... 
Semoga kita dapat bertemu di kota malang sambil menikmati dinginya udara di sana ya dok *_*






Daging Sapi Masak Lapis


Beberapa hari ini saya lumayan sibuk dengan banyaknya orderan yg masuk....
Sampai menu di rumah seadanya saja bahkan yg masak suami saya hahahaha masak yg gampang gampang asalakan kita serumah bisa makan dengan nikmatnya,
wah jadi Curcol nih saya, hari ini lumayan longgar orderanya hanya tinggal paking aja..selesai kirim kirim..kirim lgs saya masak deh buat keluarga saya maksi
saya bikin daging masak lapis...lumayan gampang & gak pake ribet


 * Daging Masak Lapis *
Bumbu yg di haluskan :
500 gr daging potong lebar tebal 1cm ( suka suka )
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
2 sdt merica bubuk
12 kemiri saya gr tanpa minyak ( sangrai )
1biji pala yg sedang
garam
kecap manis
Minyak buat menumis
Air 1liter
Bawang goreng buat taburan

Caranya :
#  Campur daging dgn bumbu halus ,aduk aduk smp rata diamkan 1 jam
#  Panaskan minyak,masukan daging tata dgn rapi supaya dagingnya gak ngelinting ,tetap lebar
    sampai daging berubah warna, balik satu persatu dagin.
#  Masukan air kecilkan api, sampai daging empuk dan airnya tinggal sedikit
#  Siap di hidangkan dan di taburin bawang gr







Kamis, 25 September 2014

White Cake Nutrisari

Punya putih telur lumayan banyak di kulkas,tuing...tuing...tuing..mau bikin apa ya...yg gampang & cepet jadinya,, langsung kepikiran buat cake aja deh  ....langsung  Saya buat lagi si cake dari putih telur kali ini saya tambahkan nutrisari yg banyak jd agak seger nih rasa cakenya


                                                                  
 #   WHITE CAKE #

 Bahan :

225 gr gula pasir

100 ml susu cair ( susu sapi )

100 ml minyak goreng

30 gr Nutrisari

200 ml putih telur

1 sdt emulsifier

1/4 sdt vanili ( saya vanilla cair Golden Browm )

1/4 sdt baking powder

1/4 sdt garam

27gr susu bubuk

220 gr tepung terigu

Cara membuat :

Kocok semua bahan hingga mengental, ( metode all in one ) , i tuang di loyang,kukus sampai matang. kurang lebih 25 menit


Rabu, 24 September 2014

Sahabat Muslimku

Awal bertemu dengan sahabatku ini awalnya saya jualan bumbu serbaguna...
Datang kerumah untuk membeli bumbu serbaguna 1kg,
Woow dateng bawa rambutan yg taksengaja adalah salah satu buah fav saya nih  *_*
Sebelumnya saya kenal dengan sahabat saya dr fb, lagi lagi fb yg berjasa nih ya..

Saya percaya semua sudah di atur oleh TUHAN apapun yg terjadi dlm hidup kita
baik , senang, susah,jodoh, kematian,kelahiran  juga sahabat saya ini yg Tuhan berikan buat saya.
Saya dan sahabat saya gak nyangka akan bersahabat sampai sekarang yg sudah berjalan 4 tahun
Suka duka kami selalu saling berbagi.

Kami saling mengingatkan dalam banyak hal ,saling berbagi ilmu yg kami ketahui seperti masak, bikin cake, bahkan Nina jugalah yg suka ngajarin saya moto moto, makasi ya Nina sudah mau menjadi sahabat saya

Walaupun sahabat saya ini domisilinya di pare tiap ada kesempatan & waktu luang kami janjian tuk saling bertemu,sekedar wiskul apa aja yg belum  pernah kami kunjungin, di kota kediri tentunya
Oooooo...iya nama sahabat saya ini adalah Nina Agustina
ini dia penampakanya neng Nina..


Semoga Persahabatan kami tidak lekang dimakan oleh waktu ya neng Nina Agustina
Sahabat saya ini orangnya diam gak suka banyak bicara..selalu tersenyum simpul...
jangan jangan lg sakit gigi ya ..wkwkwkwkw..asli kalem deh sahabat saya ini & tentunya baik dong ya *_*
sebenernya udah lama pengen banget nulis tentang sahabat saya ini , tp gak sempet sempet aja..jiaaah kayak ibu ibu pejabat aja yg selalu sibuk sepanjang hari  wkwkwkwkwkw 

Makasi ya  Nina Agustina  buat persahabatanya selama ini jg udah care & penuh dgn kasih

Senin, 22 September 2014

Donat Kentang Empuk

Saya bikin donat bisa di hitung dengan jari deh kayaknya...
menurut saya bikin donat iti sangat repot & ribet banget ...edisi #lebay hahahahaha
buat temen temen mungkin gancel ( baca gampang) buat bikin donat,buat saya butuh perjuangan banget deh.

Saya paling doyan maem donat polosan aja, kalau belikan jelas gak ada tuh ya...
jadi saya sepulang ibadah lgs buat si Donken ( donat kentang) 1/2 resep aja yg jadinya sekitar 12 biji dengan berat 60gr penampakanya moleh moleh deh..yg liat pasti pengen nyomot dan makan nih...wkwkwkwk

Resepnya saya dapat dr mba Yunita Nyutti makasi ya mba Yun,
Buat saya ini resep donat yg paling OK banget hasilnya lembut & saya sengaja simpen 2 biji donat di piring pengen tau senen besok masih empuk gak ? ternyata masih lembut spt kemaren & gak kering kulitnya,mantapkan tuh ya...ini dia penampakanya di Donken

 * Donat Kentang *
Bahanya :
300 gr kentang kukus dan haluskan
400 gr tepung terigu
75 gr gula pasir
1/2 sendok Sp di campur dgn 2 butir telor di kocok lepas
1 1/2 sdt ragi instant
1 saset susu bubuk
75 gr blueband pake yg lain asli kurang enak saya udah cobain loh ya
1/2 sdt garem alus

Caranya :
# Terigu, gula ,ragi campuran Sp & telor, diuleni pake tangan smp rata, tambahkan kentang uleni lg.
# Masukan susu bubuk,uleni & banting banting ,tambahkan blueband , garam ,uleni smp kalis.
# Proofing 1jam ( di diemin 1jam )
# Kempiskan timbang 60gr ini saya loh ya..bisa 40 atau 50 gr suka suka aja
# Saya cetak sam ring plastik biar buletnya rata proofing lg 1 jam
# Panaskan minyak ,kecilkan lobangin adona dgn sedotan yg besar
# emplungin ke minyak puter puter bagian tengahnya  dgn sumpit kayu,goreng smp satu sisi kuning keemasan balik angkat.
# siap di toping sesuai selera kalau saya suka yg polos aja deh *_*








Kamis, 11 September 2014

Meet and Greet 2

Dapat Undangan lagi ke Surabaya untuk bertemu kembali dgn Sahabat masa SMP
kali ini kedatangan satu sahabat yg bernama Connie Purwagani, datang dr Jakarta buat ketemu dgn kita yg ada di Jatim ,Kita semuanya sepakat buat ketemuan tgl 9 Sep 2014,seperti biasa saya naik travel menuju kota Surabaya.ini dia penampakan kita semuanya setelah berkumpul .
Makasi buat ,Waktunya ya Pren...semoga nex time kita bisa bertemu kembali dgn teman teman yg lain, pastinya lebih rame dan makin seru ya Pren..


dari Kiri Corina , Luckman Sutanto, Connie Purwagani, saya , Sutan Chandra 
Corina , Sutan & Connie adalah adik kelas saya waktu di SMP , kami bersahabat walaupun beda kelas sedangkan Luckman sekelas dengan saya,  
Sutan & Corina adalah kakak beradik ,dulu hampir aja mereka berdua jadi adik ipar saya loh, gak usah di jelasinkan dong ..yg baca ini pasti paham banget deh ya wkwkwkwkwkw....gak pahan ya udah gak usah KEPO wkwkwkwkw

Connie & Corina lebih cantik sekarang timbang dulu kulitnya makin Eksotis & tambah Syeksi deh wkwkwk
Luckman seperti dulu tetap pendiam &  pelit dgn kata kata atau kehabisan kata kata wkwkwkwk
Sutan  seperti biasanya ceplas ceplos & makin sabar, makin bijak salut deh buat temen temen yg makin kearah yg Baik, krn saya yg punya blog gak bisa menilai diri sendiri dong yaa wkwkwkwkwkwkw....

Semoga Kita semua di berikan panjang Umur & Kesehatan Lebih supaya lain waktu bisa di berikan kesempatan untuk bertemu lg di Jakarta dgn teman teman yg lainya ...amin..
Sekali lagi makasi ya Pren buat semuanya God Bless All..<3


 

Kamis, 21 Agustus 2014

Sup Kepiting / Lue Sun

Berapa hari ini saya selalu bikin yg namanya sup suo..dan sup..buat keluarga saya tersayang..
Sup lue sun ( sup kepiting ) juga salah satu fav kel saya nih...
kali ini saya tambahkan jagung manis dan asparagus kalengan yg saya potongin biar pas makan bisa langsung masuk mulut ..nyam...nyam...nyam...deh

 * Sup Kepiting / Lue Sun *
Bahanya :
Kepiting yg sdh diambil dagingnya ( saya beli di swalayan ) 1/4 kg
Kuah kaldu ( masak tulang ayam dgn garam ) dgn air kecil
Telor ayam  4 butir di kocok dgn garpu sisihkan
Jagung manis di sisir
Asparagus kaleng di tiriskan ,potongin kecil kecil
Garam
Merica
Minyak wijen
Tepung maizena di larutkan dgn air

Pelengkap :
Kecap asin di kasi irisan cabe rawit


Caranya :
Kuah kaldu masak smp keluar kaldunya angkat tulang tulangnya, masukan garam, merica
Masukan ke dlm kuah , daging kepiting, biarkan smp mendidih, masukan kocokan telur sambil di aduk aduk
Masukan jagung manis, asparagus yg sdh di potongin biarkan smp mendidih, masukan tepung maizena yg sdh dilarutkan dgn air , sambil diaduk  aduk, di icipin sesuai selera yg dimau , matikan api, masukan minyak wijen aduk aduk smp rata, siap di hidangkan deh







Sup Bronebon Ayam

Di rumah saya yg namanya sup apapun menjadi fav kel saya nih...
kali ini saya buat sup kacang merah dgn dada ayam kampung ( sup brenebon) bahasa kerenya
Selesai masak ,bungsu & suami lgs maem..menyenangkan sekali laris manis di maem kel saya <3

Pertama saya tinggal di kediri tiap pulkam ke Jakarta saya selalu bawa kacang jogo banyak smp 1 dus air mineral , kenapa coba hayoooo..karna di kediri belum ada yg jual kacang jogo yg basah adanya yg kering saya gak suka yg kering krn gak manis spt yg manis ada cangkangnya ( seperti kacang kapri )
sekarang sudah ada tiap mau buat masakan dgn kacang jogo ( kacang merah ) gak perlu bawa dr jakarta lg


* Bahan Sop Brenebon  *
Bahanya :
Kacang merah rebus smp mendidih buang airnya, ganti air rebus lg, di saring ( supaya gak butek kuahnya)
Kuah kaldu ( masak air panas masukan tulang ayam ,kecilka apinya )
Dada ayam kampung potong kecil 2 ( kotak kecil )
Wortel di potong kotak jg ya..
Daun bawang seledri saya iket saja  biar dapet aromanya,yg suka boleh dipotong kecil kecil
Garam secukupnya
Pala 1 di bagi dua ( belah dua )
Merica bubuk

Caranya :
Air kaldu ,masukan ayam yg sdh di potongin,smp empuk
Masukan wortel & kacang merah, garam, merica , pala, masak smp empuk
Masukan daun bawang seledri yg sudah di ikat, biarkan smp mendidih , siap di cicipin sesuka selera aja ya
Matikan api ,siap dihidangkan






Minggu, 03 Agustus 2014

Soto Kikil Santan

Setelah  Hari Raya Idul Fitri...seminggu kemudian di Jatim ada yg namanya Kupatan / ketupatan
yg semua masyarakat bikin ketupat dan lauknya.

Beda dengan di kampung saya Jakarta yg bikin ketupatnya pas malam takbiran .dan saya selalu kebagian banyak ketupat dr tetangga semuanya alhasil numpuk deh tuh ketupat dlm kulkan...smp 3 hari kedepan baru abis...jd kangen pulkan disaat spt ini ...*_*

Kemaren Della Yohana telp pesan Soto kikil buat 10 orang yg akan di maem dgn ketupat...saya janjikan siap dibuatkan kalau ada yg jual kikilnya, pas hari gini biasanya agak langka tuh si kikil.
lgs kepasar...ampiun deh ternyata kikil sapi rebutan euuuy..plus gak boleh beli dikit , tapi lgs 1 kaki sapi di timbang ternyata 1.1/2 kg,ya sudahlah ...jg beli yg bumbunya lgs malam di esksekusi...pagi sebelum ibadah sdh siap  diambil Makasi ya Della Yohana buat orderanya

 
# Soto Kikil Santan #
Bahanya :
1 1/2kg kikil sapi yg sdh di rebus ( rebus sebentar lg dgn jahe) dinginkan potong potong sesuai selera

Bumbu Halus :
20 siung bawang merah
10 siung bawang putih
1jahe kira kira 5cm
1 kunyit dibakar kira kira 3cm
5 batang sere di geprek ( ambil yg bagian putih aja ya )
5 cabe merah buang bijinya
10 lembar daun jeruk
3 sdm garem ( bisa ditambah 7 dikurangin sesuai selera ya)
1 sdm gula pasir
1 sdt merica bubuk
500 ml air kaldu ( rebusan tulang sapi )
3sdm minyak buat menumis bumbu
500 ml santan dr 1 kelapa
1liter susu sapi
Daun bawang potong potong ( daun sop )

Bahan Sambal ;
12 cabe rawit
6 butir kemiri di sangrai
1/4 sdt garem
2 sdm air panas

Bahan pelengkap :
Bawang gpreng
Jeruk nipis
Bisa jg dgn lontong atau nasi

Caranya :
* Panaskan minyak & tumis bumbu halus , masukan sere, daun jeruk,masak smp harum
* Tuang air kaldu,masukan kikil yg sdh dipotong,aduk rata, tambahkan garam, merica, gula pasir,santan
   susu, aduk aduk smp rata, masak smp kikilnya empuk.matikan api masukan potongan daun bawangnya
* Taruh di wadah taburi dgn bawang gr & sambel jg di kecerin jeruk nipis.

Sambal :
* Haluskan cabe rawit,kemiri,garam,tambahkan air hangat aduk aduk siap di pakai













Kamis, 24 Juli 2014

Kangkung Tumis Tauco

Kemaren dpt kabar Mami saya sakit...
Karna semua transportasi penuh saya belom bisa pulang buat menjengguknya...
Saya hanya bisa memantau perkembanganya dengan menelponya saja, sedih banget sebenernya gak bisa segera menenggok Mami saya, apa boleh buat..
Puji Tuhan...hari ini saya telp kondisinya makin membaik, semoga makin membaik kondisinya, smp saya bisa pulkam buat menengok Mami saya....
Waduh kok jadi curcol nih ....

Waktu saya msh remaja Mami saya suka masak yg namanya kangkung tumis tauco udang
kali ini saya gak pake udang krn Suami saya gak suka udang, jd biar semuanya bisa ikutan maem ninus udang deh numisnya..
Untuk mengobatin rasa rindu saya coba membuatnya hari ini....ini dia penampakanya..

 

# Kangkung Tumis Tauco #
Bahanyaa :
1 ikat kangkung di petikin
3siung bawang merah iris
2 siung bawang putih iris
3 buah cabe merah iris
1 Lengkuas geprek
2 lembar daun salam
2 sdm tauco
2 sdm kecap manis
1sdt gula pasir
 air panas secukupnya
Caranya :
* Tumis bawang merah, putih,masukan cabe,lengkuas, daun salam, tauco aduk 2 smp harum
* Masukan kangkung aduk aduk smp layu,tambahkan air, kecap manis, tumis sampai kangkung matang
* Siap di sajikan, lebih enak di nikmati selagi panas
Note:
jika pake udang di tumis dulu ya bareng bumbu & jika suka pedes bisa di tambahkan cabe rawit



Senin, 14 Juli 2014

Kastengel Jumbo Tanpa Telur

Ini adalah pertama kalinya saya buat kastengels tanpa telur....
Untuk orang lain mungkin mudah dan gampang banget,buat kue kering,
Buat saya yg namanya kue kering itu ngabisin waktu , tenaga hehehehehehe...rasanya enakan masak deh...hehehe
Saya buat 2 resep aja dr pagi smp siang baru selesai...heheeeeeuuuuhuuuuuuy.......lama baaanget deh yaa..
maklum masih pemula banget nih dalam per kue kering ,Saya pake resepnya Ricke, makasi ya..
Saya buatnya jg besar besar & Panjang panjang alias jumbo hehehehuuuuhuuuy *_*
Biar cepet selesai bikinya gak lama lama nungguinya hehehehe..( baca pemalas )
Lain kali saya mau coba buat yg pake telur 

Kaastengels
by Ricke Indriani

Bahan:
300 gram mentega (butter+margarin)
350 gram terigu protein sedang
50 gram maizena
2 sdm susu bubuk ( saya 1 saset 27gr)
100 gram keju edam parut
100 gram keju parmesan parut ( saya hanya pake edam totalnya 250gr )

Olesan:
Kuning telur, kocok lepas

Taburan:
Keju cheddar parut

Cara membuat:
1. Campur dan ayak terigu, maizena dan susu bubuk. Sisihkan.
2. Kocok mentega sebentar saja hingga lunak (ga usah lama-lama atau sampai putih). Masukkan keju edam dan parmesan parut, aduk rata dengan sendok kayu.
3. Masukkan campuran terigu, aduk rata dengan sendok kayu sampai rata dan adonan sudah bisa dibentuk.
4. Gilas tipis adonan (sekitar 1 cm), lalu cetak sesuai selera (stick, bunga atau bentuk lain). Tata dalam loyang tanpa dioles margarin. Oles dengan kuning telur dan taburi keju cheddar parut.
5. Panggang dalam oven 125'C (api kecil) sampai matang (berwarna kuning kecoklatan/golden brown). Angkat dan dinginkan. Simpan dalam toples kedap udara.






Buat 2 resep cuma jadi 2 toples nih..buat anak saya Yunita & Welly..
Puji Tuhan walaupun lama buatnya & bikin pegel hehehehe tapi seneng karna anak anak saya suka banget sama kastengel ini


Template by:

Free Blog Templates