Kamis, 21 Agustus 2014

Sup Kepiting / Lue Sun

Berapa hari ini saya selalu bikin yg namanya sup suo..dan sup..buat keluarga saya tersayang..
Sup lue sun ( sup kepiting ) juga salah satu fav kel saya nih...
kali ini saya tambahkan jagung manis dan asparagus kalengan yg saya potongin biar pas makan bisa langsung masuk mulut ..nyam...nyam...nyam...deh

 * Sup Kepiting / Lue Sun *
Bahanya :
Kepiting yg sdh diambil dagingnya ( saya beli di swalayan ) 1/4 kg
Kuah kaldu ( masak tulang ayam dgn garam ) dgn air kecil
Telor ayam  4 butir di kocok dgn garpu sisihkan
Jagung manis di sisir
Asparagus kaleng di tiriskan ,potongin kecil kecil
Garam
Merica
Minyak wijen
Tepung maizena di larutkan dgn air

Pelengkap :
Kecap asin di kasi irisan cabe rawit


Caranya :
Kuah kaldu masak smp keluar kaldunya angkat tulang tulangnya, masukan garam, merica
Masukan ke dlm kuah , daging kepiting, biarkan smp mendidih, masukan kocokan telur sambil di aduk aduk
Masukan jagung manis, asparagus yg sdh di potongin biarkan smp mendidih, masukan tepung maizena yg sdh dilarutkan dgn air , sambil diaduk  aduk, di icipin sesuai selera yg dimau , matikan api, masukan minyak wijen aduk aduk smp rata, siap di hidangkan deh







Sup Bronebon Ayam

Di rumah saya yg namanya sup apapun menjadi fav kel saya nih...
kali ini saya buat sup kacang merah dgn dada ayam kampung ( sup brenebon) bahasa kerenya
Selesai masak ,bungsu & suami lgs maem..menyenangkan sekali laris manis di maem kel saya <3

Pertama saya tinggal di kediri tiap pulkam ke Jakarta saya selalu bawa kacang jogo banyak smp 1 dus air mineral , kenapa coba hayoooo..karna di kediri belum ada yg jual kacang jogo yg basah adanya yg kering saya gak suka yg kering krn gak manis spt yg manis ada cangkangnya ( seperti kacang kapri )
sekarang sudah ada tiap mau buat masakan dgn kacang jogo ( kacang merah ) gak perlu bawa dr jakarta lg


* Bahan Sop Brenebon  *
Bahanya :
Kacang merah rebus smp mendidih buang airnya, ganti air rebus lg, di saring ( supaya gak butek kuahnya)
Kuah kaldu ( masak air panas masukan tulang ayam ,kecilka apinya )
Dada ayam kampung potong kecil 2 ( kotak kecil )
Wortel di potong kotak jg ya..
Daun bawang seledri saya iket saja  biar dapet aromanya,yg suka boleh dipotong kecil kecil
Garam secukupnya
Pala 1 di bagi dua ( belah dua )
Merica bubuk

Caranya :
Air kaldu ,masukan ayam yg sdh di potongin,smp empuk
Masukan wortel & kacang merah, garam, merica , pala, masak smp empuk
Masukan daun bawang seledri yg sudah di ikat, biarkan smp mendidih , siap di cicipin sesuka selera aja ya
Matikan api ,siap dihidangkan






Minggu, 03 Agustus 2014

Soto Kikil Santan

Setelah  Hari Raya Idul Fitri...seminggu kemudian di Jatim ada yg namanya Kupatan / ketupatan
yg semua masyarakat bikin ketupat dan lauknya.

Beda dengan di kampung saya Jakarta yg bikin ketupatnya pas malam takbiran .dan saya selalu kebagian banyak ketupat dr tetangga semuanya alhasil numpuk deh tuh ketupat dlm kulkan...smp 3 hari kedepan baru abis...jd kangen pulkan disaat spt ini ...*_*

Kemaren Della Yohana telp pesan Soto kikil buat 10 orang yg akan di maem dgn ketupat...saya janjikan siap dibuatkan kalau ada yg jual kikilnya, pas hari gini biasanya agak langka tuh si kikil.
lgs kepasar...ampiun deh ternyata kikil sapi rebutan euuuy..plus gak boleh beli dikit , tapi lgs 1 kaki sapi di timbang ternyata 1.1/2 kg,ya sudahlah ...jg beli yg bumbunya lgs malam di esksekusi...pagi sebelum ibadah sdh siap  diambil Makasi ya Della Yohana buat orderanya

 
# Soto Kikil Santan #
Bahanya :
1 1/2kg kikil sapi yg sdh di rebus ( rebus sebentar lg dgn jahe) dinginkan potong potong sesuai selera

Bumbu Halus :
20 siung bawang merah
10 siung bawang putih
1jahe kira kira 5cm
1 kunyit dibakar kira kira 3cm
5 batang sere di geprek ( ambil yg bagian putih aja ya )
5 cabe merah buang bijinya
10 lembar daun jeruk
3 sdm garem ( bisa ditambah 7 dikurangin sesuai selera ya)
1 sdm gula pasir
1 sdt merica bubuk
500 ml air kaldu ( rebusan tulang sapi )
3sdm minyak buat menumis bumbu
500 ml santan dr 1 kelapa
1liter susu sapi
Daun bawang potong potong ( daun sop )

Bahan Sambal ;
12 cabe rawit
6 butir kemiri di sangrai
1/4 sdt garem
2 sdm air panas

Bahan pelengkap :
Bawang gpreng
Jeruk nipis
Bisa jg dgn lontong atau nasi

Caranya :
* Panaskan minyak & tumis bumbu halus , masukan sere, daun jeruk,masak smp harum
* Tuang air kaldu,masukan kikil yg sdh dipotong,aduk rata, tambahkan garam, merica, gula pasir,santan
   susu, aduk aduk smp rata, masak smp kikilnya empuk.matikan api masukan potongan daun bawangnya
* Taruh di wadah taburi dgn bawang gr & sambel jg di kecerin jeruk nipis.

Sambal :
* Haluskan cabe rawit,kemiri,garam,tambahkan air hangat aduk aduk siap di pakai













Kamis, 24 Juli 2014

Kangkung Tumis Tauco

Kemaren dpt kabar Mami saya sakit...
Karna semua transportasi penuh saya belom bisa pulang buat menjengguknya...
Saya hanya bisa memantau perkembanganya dengan menelponya saja, sedih banget sebenernya gak bisa segera menenggok Mami saya, apa boleh buat..
Puji Tuhan...hari ini saya telp kondisinya makin membaik, semoga makin membaik kondisinya, smp saya bisa pulkam buat menengok Mami saya....
Waduh kok jadi curcol nih ....

Waktu saya msh remaja Mami saya suka masak yg namanya kangkung tumis tauco udang
kali ini saya gak pake udang krn Suami saya gak suka udang, jd biar semuanya bisa ikutan maem ninus udang deh numisnya..
Untuk mengobatin rasa rindu saya coba membuatnya hari ini....ini dia penampakanya..

 

# Kangkung Tumis Tauco #
Bahanyaa :
1 ikat kangkung di petikin
3siung bawang merah iris
2 siung bawang putih iris
3 buah cabe merah iris
1 Lengkuas geprek
2 lembar daun salam
2 sdm tauco
2 sdm kecap manis
1sdt gula pasir
 air panas secukupnya
Caranya :
* Tumis bawang merah, putih,masukan cabe,lengkuas, daun salam, tauco aduk 2 smp harum
* Masukan kangkung aduk aduk smp layu,tambahkan air, kecap manis, tumis sampai kangkung matang
* Siap di sajikan, lebih enak di nikmati selagi panas
Note:
jika pake udang di tumis dulu ya bareng bumbu & jika suka pedes bisa di tambahkan cabe rawit



Senin, 14 Juli 2014

Kastengel Jumbo Tanpa Telur

Ini adalah pertama kalinya saya buat kastengels tanpa telur....
Untuk orang lain mungkin mudah dan gampang banget,buat kue kering,
Buat saya yg namanya kue kering itu ngabisin waktu , tenaga hehehehehehe...rasanya enakan masak deh...hehehe
Saya buat 2 resep aja dr pagi smp siang baru selesai...heheeeeeuuuuhuuuuuuy.......lama baaanget deh yaa..
maklum masih pemula banget nih dalam per kue kering ,Saya pake resepnya Ricke, makasi ya..
Saya buatnya jg besar besar & Panjang panjang alias jumbo hehehehuuuuhuuuy *_*
Biar cepet selesai bikinya gak lama lama nungguinya hehehehe..( baca pemalas )
Lain kali saya mau coba buat yg pake telur 

Kaastengels
by Ricke Indriani

Bahan:
300 gram mentega (butter+margarin)
350 gram terigu protein sedang
50 gram maizena
2 sdm susu bubuk ( saya 1 saset 27gr)
100 gram keju edam parut
100 gram keju parmesan parut ( saya hanya pake edam totalnya 250gr )

Olesan:
Kuning telur, kocok lepas

Taburan:
Keju cheddar parut

Cara membuat:
1. Campur dan ayak terigu, maizena dan susu bubuk. Sisihkan.
2. Kocok mentega sebentar saja hingga lunak (ga usah lama-lama atau sampai putih). Masukkan keju edam dan parmesan parut, aduk rata dengan sendok kayu.
3. Masukkan campuran terigu, aduk rata dengan sendok kayu sampai rata dan adonan sudah bisa dibentuk.
4. Gilas tipis adonan (sekitar 1 cm), lalu cetak sesuai selera (stick, bunga atau bentuk lain). Tata dalam loyang tanpa dioles margarin. Oles dengan kuning telur dan taburi keju cheddar parut.
5. Panggang dalam oven 125'C (api kecil) sampai matang (berwarna kuning kecoklatan/golden brown). Angkat dan dinginkan. Simpan dalam toples kedap udara.






Buat 2 resep cuma jadi 2 toples nih..buat anak saya Yunita & Welly..
Puji Tuhan walaupun lama buatnya & bikin pegel hehehehe tapi seneng karna anak anak saya suka banget sama kastengel ini


Rabu, 02 Juli 2014

Manisan Buah Atep ( Kolang Kaling )

Buah Atep sebutan si Kolang kaling yg kenyal & berbentuk lonjong pipih bening ( transparan)
Buah putih yg kenyal ini sangat enak sekali..dibuat campuran es, sekoteng,kolak atau dibuat manisan
ini adalah salah satu makanan khas Betawi, yg biasa di suguhkan di bulan Puasa & Lebaran di taruh dlm toples kaca dgn air sirup yg enak tentunya...

Cemilan ringan dr pohon aren ini populer bagi warga Betawi ,karna rasa & jg warnanya  manisan ini punya banyak pengemar , kadang di tusuk dijadikan sate ,warna warni , merah ,ijo


Saya salah satu pedoyan manisan buah Atep ( kolang kaling ) karna di kediri gak ada yg bagi heeeuuuy... ataupun di sajikan jd saya harus buat sendiri ala saya tentunya.. *_*
Pas ke pasar kemaren pagi liat ada kolang kaling gede gede lgs beli 1kg,
Sampai rumah lgs di ekse kusi deh yg hasilnya spt ini..


* Bahan Manisan Buah Atep ( kolang kaling)*

 Bahanya :
1kg buah atep ( kolang kaling ) cuci bersih,
Air cucian beras buat merendam secukupnya smp buah terendam, (biar gak bau kecut & asam)
1500 air mentah ( air gentong )
6 Lembar daun pandan simpulkan atau potong 2
15 lembar daun jeruk
1sdm garam
Pewarna merah berapa tetes
* karna saya punya sirup Rose jd gak pake gula ( sirup berwarna merah )

Caranya :
*Setelah di cuci bersih , rendam dgn air cucian beras kira kira 60 menit ( 1jam ) tiriskan
* Air , daun pandan,garam, daun jeruk rebus smp mendidih ,masukan buah atep yg sdh di tiriskan
* Kasi pewarna merah biarkan smp merasuk ( berwarna merah )
* Matikan api tiriskan , masukan kedalam sirup Rose ( sirup merah yg sebelumnya sudah di buat ), masak sebentar besama sirup kurang lebih 5 menitan,matikan api
* Masukan dlm toples,biarkan dalam kulkas 1malam....bsk bisa dimakan makin merasuk & enak

Tips:
Pilih buah atep yg msh berwarna bening artinya msh bagus & baru
yg putih butek ( putih susu ) sudah lama di rendam air akan bau kecut bahkan berlendir jangan di beli ya
                                          
                                                Terlihat Bening dlm Air bersih

                                            Di rendam dalam Air Cucian beras terlihat bening jg















Jumat, 27 Juni 2014

Step by step Bakso Ayam & Bakso Ikan

Saya baru aja nyobain dgn metode baru cara buat bakso Ikan & Ayam,yg hasilnya emang lebih kenyal & lebih enak,ini menurut saya loh yaa..jg temen saya yg saya kasi icip icip bilang top Markotop,enaaak banget
Senangnya kalau bisa berbagi buat temen temen tercinta yg suka liat blog saya..
Bakso Sapi dilarang keras memakai metode ini ya..saya yakinkan pasti SUKSES GATOT (gagal total)

Ini bakso Ayam & bakso ikan yg saya buat & saya akan menulis ulang resepnya & foto2 yg sempet saya foto sendiri jeh..lah gak ada yg bantuin loh..maklum di rumahkan punya kesibukan sendiri sendiri jeh *_*

 Bahanya :
500 gr dada Ayam Kampung buang kulitnya ya potong potong ( ayam potong jg boleh)
50 gr tepung Kanji / tapioka
25 gr Garam
70 cc Putih Telur
1sdt merica
150 air di kasi Es Batu secukupnya
1Sdm Minyak Wijen
1Sdt Gula pasir


*Dalam Baskom siapkan air di cemplungin es batu yg banyak yaa ..supaya baksonya kerendem semuanya
Caranya :
 - Ayam, putih telur , garam , gula pasir,merica Blender smp halus,
- Masukan tepung ,Minyak wijen ,air Es sedikit sedikir smp kental.
-  Matikan Belender,
-Cetak adonan kedalam baskom yg sudah ada es batunya & air agak byk smp semua adonan terendam
- Siapkan Air panas dalam Wajan / panci jg boleh ,kalau Saya suka pake Wajan
- Sudah mendidih kecilkan api , ambil adonan yg di dalam baskom, masukan ke dalam wajan
- Biarkan sampai mengambang / terapung .artinya sudah matang, angkat
- Bisa di goreng , dibuat kuah , di buat campuran mie goreng dll
Selamat mencoba ya..
Jangan tanya jadi berapa ya..karna kalau kepelanya besar ya jadinya lebih sedikit
dikepelin kecil ya jadinya banyak , di buat tanggung ya lebih dikit..jadi intinya tergantung yg bikin gitu :)


                                                       Ini Adonannya yg siap di cetak yaa..

 
Adonan Bakso yg sdh di bentuk harus di rendam air & es batu supaya lebih kenyal & garing
                                                  Bakso yg sudah jadi nih dia penampakanya ( sudah matang )

Selamat mencoba yaaa semoga berhasil...

Kamis, 26 Juni 2014

Dua Sahabat Muda

Awal ber fb....saya kenal yg namanya Nina Agustina &  Nien Ing
Awal Nina ke rumah saya mau beli bumbu serbaguna & selanjutnya seperti air mengalir aja jadi sahabat saya sampai sekarang.
Awal kenal Nien..pas dia pulkam ke kediri mampir main ke rumah saya...smp sekarang jadi sahabat saya..
Baik Nina maupun Nien ,mereka masih sangat muda sekali di bandingkan dengan saya,yg hem...paruh baya bahasa kerenya tuh ya hehehehehe..gak mau dibilang tua hehehe *_* 

Nien tiap pulkan selalu mampir kerumah saya wlp hanya sekedar ngobrolin tumbuh kembang anak anak begitu jg dengan  Nina tiap lewat kediri selalu mampir walaupun cuma sebentar saja..
yg namanya SAHABAT itu gak memilah bilah apapun yg ada diantara kami, 
Seiring berjalanya waktu persahabatan saya dengan mereka makin meningkat kearah yg lebih baik
mereka menghargai saya yg lebih tua begitu juga sebaliknya saya menghargai mereka yg lebih muda dr saya dgn segala ide idenya yg cemerlang  & kreatip banget dlm banyak hal
Kedua sahabat saya ini Jago Foto foto jeh & saya jd ketularan dikit dikitlah wlp gak sebagus mereka hehehehehe 

Hari ini Nien pulkam seperti biasa ngajak wiskul..kali ini beduaan aja jeh,saya & Nien .
Abis wiskul Nien tanya rumah Nina di pare ya cici..ke sana yuuk,hayuuuk,senengnya bakalan ketemu Nina lagi nih hehehehe..hehhehehe saya lupa lewat mana tuh pas di proliman hhehehe alhasil kesasar jeh..
tapi akhirnya sampai jg di rumahnya nina...ngobrolin jualan , kandang ayam, smp anak anak,


Nina itu pendiam...Sedangkan Nien itu ceria & lembut kalau ngomong satu satu jeh hehehe kalau saya harus tanya ke dua sahabat saya tuh yaaa...kalau tulis sendiri maunya yg bagus bagus jeh hehehehe
Semoga persahabatan saya dengan ke dua anak muda ini "Tak lekang dimakan waktu "
Nien domisilinya di Bali & Nina di Pare...alangkan Indahnya persahabatan tanpa adanya rekayasa & pencitraan,yg penuh dengan kepura puraan & kebohongan

Sahabat dimana kita dengan nyaman menyampaikan segala apapun tanpa harus tedeng aling 2, alias tanpa kebohongan, apa adanya saja itulah persahabatan saya dengan mereka selama ini
Makasi buat Sahabat muda saya Nina & Nien yg sudah mau menjadi sahabat saya selama ini.. 
Seperti biasa sebelum berpisah kami Narsis dulu nih...saya paling gemuk jeh hehehehe Rapopo yg penting sehat yaa.. *_*



Semoga taun depan pas pulkam lg Nien bisa ketemuan bersama temen temen yg lain di kediri yaa mee
Saya punya sebutan sendiri buat Nien yaitu mee ( adik perempuan ) krn saya gak punya adik jeh
Buat Nina Ayang bunda......saya di panggil Nina Momy & Nien dgn Cici ( kakak perempuan )
Inilah perjalanan persahabatan saya dgn ke dua nak muda yg selalu mensuport saya selama ini..




Semoga kedua sahabat saya di berikan kesehatan & kebahagian bersama kel & para sahabatnya yg lain
Love You All ....



Minggu, 01 Juni 2014

Blog ( Behind The Scene )

Pertama ber fb ria..bener bener gaptek abis deh..apa apa jg gak bisa , bisanya cuma komen komen aja jeh
Lama lama sering fb an,bisa sendiri posting foto, hahahahaha Gaptek abis deh saya mah , emang saya emak emak jadul jeh yg baru melek internetan
Lah wong fb aja dibuatin anak saya heeehuuuuuy deh..yg penting bisa fb an saat itu buat hiburan

Bahkan waktu saya beli Note book seseorang mengecilkan saya dgn mengatakan seperti ini...
Cik wiwik loh ibu rumah tangga kok beli note book buat apa?? mendingan juga beli hp bisa ngomong gak guna beli note book,asli sedih loh di gituin..sambil ngelus dada & tarik napas biar gak marah hehehe ..
Saya tetep beli,dan Puji Tuhan saya bisa menggunakanya wlp belom pinter pinter amat spt orang kantoran yg penting saya bisa jualan lewat fb & bisa berteman ,berkomunikasi dgn byk org jeh *_*

Pesan buat diri sendiri Jangan hiraukan apa yg dikatakan org yg tak membangun *saat org mengecilkan kita tetep maju aja, toh keberhasilan bukan di tentukan oleh ucapan seseorang  tp atas KehendakNYA , juga kerja keras kita sendiri..

Temen fb juga waktu itu belom nyampe 100 orang , masih gampang ngapalinya,jg msh bisa ngobrol lewat inbox seru deh..saya jg belom jualan (OS) spt sekarang,
Saya sering liat berseliweran blog teman temen  di fb ( alamat blog maksutnya ) jd pengen deh..

Liat temen temen fb udah punya blog asli deh pengen banget...tik...tok..tik..tok ( mikir ) gimana ya caranya bikin blog ?? kata temen yg di fb syusah loh cie ,yaaa kalau syusah aku jelas gak mampu bikinya tuh yaa...
gigit jari aja deh lah emang gak ngerti sama sekali loh bikin blog itu gimana.
Kalau minta ajarin anak anak saya mah syusahlah wong kuliahnya dr pagi smp malem jeh belom pelayananya lg ,kayaknya dah gak ada waktu buat ngajari mamanya,

Saya udah hampir lupa bercita cita buat punya blog seperti temen temenya fb ,tiba tiba teringat temen fb yg berwajah ayu & lembut senyumnya , saya mencoba memberanikan diri inbox minta diajarin bikin blog.
ahaaaa....amin..di respon dgn baik olehnya..siapakah dia ??
Dia adalah mba Ajeng Rani R 

Mba Ajeng janji pas OL dia mau mandu saya step by stepnya... Horeeee bakalan punya blog nih ,
nenanti dgn gak sabar , 1 hari, 2 hari ,3 hari horeee hari ke 4 ada inbox dr mba Ajeng mau ngajari sekarang
lgs duduk manis depan kompi deh ngikitin apa yg diajarin mba Ajeng

Ternyata beneran loh Puyeeeeng abis deh , byk bener langkah langkahnya sampe saya catetin satu persatu langkahnya...selama 1 minggu tiap mau posting buka buku pinter yg saya punya atas panduan mba Ajeng      ( corat coret )haaaaaaaa..lama lama saya mikir kalau nyontek dr buku terus kapan apalnya yaa..??
Memberanikan diri gak pake nyontek di buku..seinget ingetnya aja, klw lupa baru ngintip, Puji Tuhan alhasil saya sudah mulai bisa tanpa mencontek dr buku panduan yg saya punya *_* akhirnya lumayan bisa skrg

Makasi ya mba Ajeng Rani ,yg sudah membantu saya dengan sangat telatenya, buat bikin blog saya ini
Indahnya berbagi Ilmu & indahnya Persahabatan dumay yg akhirnya menjadi sahabat beneran sampai sekarang.( hari ini )
Ini dia yg mau tau penampakanya mba Ajeng Rani yg ayu & baik hati plus tidak sombong hahahah .# edisi lebay tapi aslinya seperti itu loh mba Ajeng itu..

Samapi hari ini kami belom pernah saling bertemu, kami hanya berkomunikasi lewat hape saja...
Sekali lg terimakasi ya mba Ajeng buat ilmunya & semoga persahabatan kita gak akan lekang dimakan waktu.Indahnya persahabatan tanpa melihat apapun yg ada diantara kami..
Miss you mba Ajeng..semoga kita diberikan kesempatan buat bertemu ya oleh TUHAN



 

Rabu, 28 Mei 2014

Logo Sirupku ( Behind the scene )

Awal jualan Sirup Rose Cream itu..dari saudara & beberapa teman yg datang  main ke rumah ,
saya suguhin es sirup buatan saya ( rose cream ) pas mereka datang kerumah, semua bilang enaaaaaaaak deh sirupnya.. bahkan anaknya Nien Ing yg perempuan  Syalom bilang Enaaaak bangeeet ai .. heeeeheeeuuuuy... anak kecil kan gak pernah bohong tuh yaa... dari itulah timbul buat jualan Sirup tapi masih kalangan sendiri aja.. karna kemasanya pake botol beling  yg putih.beeeuuuuugh nyarinya setengah idup loh mana prosesnya panjang dr mencucinya lg, merebus, seterilkan dgn air panas smp 1 malam , di keringkan pokoknya paaaanjaaaaang deh prosesnya..bikin encok tangan hahaha edisi lebay euuuuy *_*

Sempet mandek bikin sirup selain pesanan khusus saya gak buat... karna ya itu dia nyuci botol ulang smp spt itu yg bikin males deh *_*
Saya buat jg masih pake logo masakan saya.... spt yg di bawah ini... ini hasil karya seorang teman yg bernama Ko Ophoeng Loupez  Xie xie ya ko... 
 

Maklum belom punya ide mau pake logo seperti apa yaaa.... siapa juga ya yg mau bikinin logo lagi buat saya, hahahahahaha sangking keenakan yaa selalu di bikinin Etiket ( logo ) jualan , jd ngarepin dibikinin lagi
Asli binggung nih mau jual sirup belom punya kemasan & belom punya logo sendiri jeh *_*
kok kebetulan ini menurut saya secara manusiawi , secara Alkitabiah mah semua sudah di atur sama TUHAN.gak ada di dunia ini yg kebetulan.
Saya lupa dimasukan siapa di Grup Desain Grafis GRATIS ,awal mulanya ragu pake banget nih...
Hariiii gini masak iya sih Gratis ???? tik....tok...tik...tok..kalau dah dibikinin tau tau di tarik ongkos mahil gimana yaaa...secara takut gak mampu bayarnya euuuuy @_@

Membulatkan tekat inbox minta tolong di buatkan logo oleh Bapak Tedjo Tjahjadi  admin desain grafis gratis
inbox pagi..smp sore belom dibales makin Galau lah yaaauuuuuw *_* bsk bangun tidur liat HP ada notifikasi inbox..lgs buka inbox, ternyata dpt respon baik dr pak Tedjo...Amiiiin...
saya kirim gambar mawarnya jg apa yg saya mau, dapat balesan bunga mawar saya krg oke..bla..bla..bla

Akhirnya saya putuskan manut aja apa yg di buatakan oleh pak Tedjo akan saya pakai ..lah wong saya gak bisa buat sendiri jeh,kalau gak manut mau apa lg toh ya *_*
Puji TUHAN jadinya sungguh luar biasa BAGUS BANGEEEEEET... makasi ya Pak Tedjo Tjahjadi
Gratiiistis..loh logonya ini.. sekali lagi Xie xie ya Pak Tedjo  buat segala bantuanya..
Langsung cetak logo Sirup yg masih Anyar ,tetep jual pake botol kaca...

Beliau jg menyarankan beli botol yg lebih bagus & yg langsung ada segelnya biar makin ok & makin menjual begitu saran dr Pak Tedjo..tik...tok..tik..tok beli dimana ya tuh botol ????
Muter muter kediri hasilnya nihil alias gak ada yg jual botol yg saya mau, mulai Galau setinggi langit deh ...

Sampai akhirnya Bertemu dgn Seorang Sahabat saya wkt msh SD,ngobrolin botol plastik & plus segelnya beli dimana yaaa.... gak pake komentar & gak pake lama..dia kirimkan foto botol ke HP saya..spt ini ya Wiek... saya tanya itu ukuranya 620 ml kan ya..?Jawab temen saya  iya wiek ini 620 ml,aha...ini yg saya mau deh.....walaupun yg ternyata isinya 750 ml ya sudah lah 130 ml gak masalah buat pelanggan tercinta mah yaa dgn harga tetap.... *_*gak pake lama dikirimkan kurleb 50 botol ( 2dus ) saya tanyain brp ya uangnya..biar saya transfer..gak usah pake aja Wiek... wah jd Enak yaaa..apa jadi gak enak tuuh.. hahahaha Puyeng deh saat itu, yg pasti senang dapat botol plastik buat jualan saya..Makasi ya Pren ..

Langsung saya buat sirup isi 2dus botol yg ada, PUJI TUHAN dlm 2 hari lgs ludes.. des sirup yg sudah saya buat., saya binggung mau pesen lagi botol ke sohib SD saya.,.saya ragu ragu, tapi saya gak punya chanel yg lain selain dia jeh,..takut FREE lg, malu atuh euuuuy masak bolak balik free lg *_*

Akhirnya saya putuskan hubungin lagi sahabat saya, pesen100 botol aja, teman saya itu  gak jawab pesan yg saya kirim ke dia...beberapa jam kemudian,ada balas pesan, lgs bilang ini udah siap 256 botol yaa ,tapi segelnya beda gak spt yg dulu...kapan mau diambilnya...huaaaaaaaa banyak amiiir ya botolnya ,Nominalnya brp tuh yaaaa serem den ngebayanginnya.... Jujur aja Uangnya sih ada buat beli botol tp kan bisa mandek yaa karna gak dlm 1 bulan bisa abis 256 botol sirup terjual tuh ya hahahahahahaha.. edisi bakul msh TK jeh( baca modalnya dikit), ternyata semua sudah di rancang olehNYA ,lagi lagi saya dimudahkan , 

Saya di kasi subsidi lg....Luar biasa sekalikan ya... HIDUP INI PENUH DGN KEJUTAN yg baik atau pun yg buruk...
kita harus siap menerimanya dgn besar hati & lapang dada, jalanin aja yg sekarang, masa depan belom pasti adanya, jadi ingat 2 batu bata yg jelek selebihnya bagus, ( 2 kejelekan dgn begituuu banyak kebaikan jgn ingat yg jelek ,krn msh punya segudang  kebaikan )

Saya makin berterima kasi kepada TUHAN YESUS yg sudah memudahkan dalam segala urusan jualan saya , saya gak tau gimana caranya DIA bikin dapur saya tetep bisa ngebul dlm seminggu gak kurang dari 4X,  itu sudah cukup buat saya., maklum saya kerjakan sendiri loh tanpa ASISTEN.

Saya  jg mulai belajar MEMUDAHKAN ORG LAIN  karna saya jg sudah banyak dimudahkan dlm banyak hal yg gak bisa saya sebutkan satu persatu...
Saya jg belajar foto hasil produk saya sendiri deengan segala keterbatasana saya soal dunia perfotoan
jadilah spt ini, 
 
Saya hanyak bisa mengucapkan terimakasi buat semua teman 2 saya yg sudah membantu saya dlm terciptanya sebuah logo & kemasan sirup saya,jg logo jualan masakan saya..
Catatan buat saya sendiri, Saat kita Percaya padaNYA pertolonganya selalu tepat pada waktunya
Saya juga belajar selalu bersyukur dalam segala hal, apapun yg saya kerjakan saya selalu mengandalkaNYA
tanpa pertolonganNYA semuanya akan sia sia saja ( Manusia mengandalakan manusia akan sia sia adanya, bahkan akan menuai kekecewaan saja )

Seperti biasa saya menuliskan ini  buat dokumentasi saya pribadi aja.. siapa tau anak cucu saya bisa membuka tulisan saya ini & bisa buat pelajaran dlm hidupnya..gimana saya memulai usaha yg sebelumnya gak tau apa apa bahkan gak bisa apa apa ,kalau kita jalanin dgn sepenuh hati  pasti TUHAN mudahkan dan memberikan jalan buat kita untuk menapaki satu persatu tangga buat kita naik kelas. GBU all..

Rabu, 21 Mei 2014

Bistik Ayam Krispy

Sebenernya udah sering buat bistik ayam crispy..cuma kadang suka lupa kalau mau nulis disini buat dokumentasi pribadi aja,kalau ada yg liat berarti itu bonus buat saya yg emang suka banget masak dr kecil.
Dari SD kls IV saya suka sekali masak masakan dengen temen 2,gr kerupuk ,bikin kolak, bikin sop smp alis saya kebakar jg pernah loh, gara gara pegang kayu yg masih ada baranya ,saya mau celupin ke minyak tanah ,tapi di tiup teman saya ,alhasil nyamber kena alis saya, krn dulu kalau masak masakan pake alat alat mini yg kami punya.. wajan mini kompornya batu bata yg di tumpuk kiri kanan, yg di bawahnya dikasi kayu kayu kecil kadang ranting ranting yg dicelupin ke minyak tanah,,

Alaaah..kok curcol ( curhat colongan ) soal alis kebakar hahahahahahaha...
Bistik ayam kesukaan Jeffry,tiap buka tudung saji di mejamakan selalu mengatakan Asiiiik..my fav mom.. *_* senangnya melihat maemnya Jeffry begitu lahapnya...


 * BISTIK AYAM *
Bahanya :
1Dada manis ayam tanpa kulit buang tulangnya , belah jd 2 ( 1dada utuh jd 4 ya )
1/2 sdt lada hitam bubuk
Sejumput garam
2 btr telor yg besar kocok lepas
1potong jeruk nipis
# Campur semua yg diatas,diamkan selama 30 menitan .
* Siapkan campuran tepung terigu dgn kanji 1:1 aduk rata, kasi garam , lada hitam bubuk , bawang putih gr   bubuk,aduk rata, sisihkan
Penyelesaianya:
* Gulingkan rendaman ayam kedalam campuran tepung,gulingkan lg kedalam rendaman ayam, gulingkan lg kedalam campuran tepung,sambil di cubit cubit sedikit , simpan dlm kulkas 10 menit
* Panaskan minyak ,masukan ayam goreng dgn api sedang smp berwarna kuning keemasan,angkat tiriskan

* SAUS MERAH *
* Kaldu dr tulang ayam, ( masak air smp mendidih, kasi garam,masukan tulang ayam dgn api kecil )
* Bawang putih, bawang bombay potong tumis smp harum masukan dlm kaldu ayam
* Saus tomat
* Garam
* Gula pasir
* Pala bubuk ( bisa jg pala diparut)
* Bawang merah gr + bawang putih gr ulek alus
* Tepung maizena dikasi sedikit air
# Masukan semua bumbu kedalam kaldu ayam, smp mendidih, masukan lg tepung maizena yg sudah diberi air aduk aduk smp rata,biarkan mendidih icipin sesuai rasa yg di inginkan

PELENGKAPNYA :
wortel kupas potong kotak kecil ( Saya pas gak punya stok ,males kepasar heee....heeeeuuuy )
Kacang polong
Jagung manis,
Selada lalap
* Wortel, kacang polong, jagung manis rebus
Siap ditata sesuai keinginan











Sabtu, 17 Mei 2014

Pretzel Bread

Akhirnya bisa juga setor PR bulam Mei..LBT # 32 Pretzel Bread
walaupun agak mefet waktunya gpp lah yg penting udah bisa bikin
Saya hanya buat 1/2 resep aja biar cepet abisnya..pas bikin telp teh Elya Peppy Agustien nanyain Soda Kue
karna saya gak pernah buat kue yg pake soda kue...makasi ya teteh...


SOFT PRETZEL
Just Try n Taste
Bahan :
4 sdm margarine dilelehkan
375 air hangat suam2 kuku
1 sdm gula pasir
2 sdt garam
2,5 sdt ragi instan
550 gr terigu serba guna
Glaze :
1 kuning telur + 1 sdm air
Topping
wijen,poppy seed
Air unt merebus pretzel :
2,5 liter air
85 gr baking soda
Cara membuat :
Siapkan mangkuk mixer,masukkan air hangat n ragi instan. Tunggu 5 menit smp keluar buih atau gelembung2.
Masukkan tepung kedalam larutan ragi. Tambahkan mentega cair dan kocok dg kec rendah selama 10 menit hingga adonan kalis elastis.
Keluarkan adonan dn bentuk bulat. Olesi mangkuk dg minyak dan masukkan adonan ke dlmnya Tutup permukaan dg kain bersih dan istirahatkan selama 1 jam sampai adonan mengembang 2x lipat.
Panaskan oven 170'C. Kemiskan adonan dan bagi menjadi 8 bagian . Lakukan semua smp adonan habis. Panggang selama 10-15 menit. hingga mengembang n sedikit kecoklatan. Keluarkan dari oven.
Siapkan panci. Masukkan air dan baking soda. Rebus hgg mendidih. Masukkan pretzel,rebus slama 30 detik sambil dibolak balik. Tiriskan dan dinginkan. Setelah dingin,olesi permukaannya dg glaze,beri toppin sesuai selera. Oven lagi selama 30-35 menit hingga permukaannya gelap dan mengkilap.
Keluarkan dari ovren dan siap disantap di temani teh hangat


Jumat, 16 Mei 2014

Meet and Greet

Saya gak pernah menyangka bakalan ketemu temen temen semasa Remaja (jaman SMP)
Karna kami semuanya sudah gak pernah kontak sama sekali sejak lulus SMP,entah kemana kita semuanya
berpencar pencar ....krn masih remaja gak kepikiran buat kontak satu sama yg lain.

Beberapa hari yg lalu saya dpt telp dr nomer tak dikenal......awalnya saya gak angkat...
Saya udah biasa tiap ada telp masuk  nomer tak dikenal saya gak bakalan angkat ...
telp smp beberapa kali akhirnya saya angkat dr sana "Halooooo...ini Wiwik Sulistiyo yaa...
saya heran siapa ini yg menyebutkan nama saya sedemikian komplitnya....tik tok,,tik..tok
Saya Connie Purwagani oooo... Connie Jelambar yg punya cici namanya Ester yaaa...bla..bla..bla
akhirnya kami bertukar Pin BB jg di kasi beberapa pin teman yg lain....
Kami adalah Teman semasa SMP yg  berpisah untuk waktu yg cukup lama...sekitar 30thn..woooow lama bingiiiiitz ya... Ini dia penampakanya Conni yg sdh membantu kita semuanya bisa saling kontak lg jg pendiri Grup X SMP PRINTIS, makasi ya Conni..buat segala kebaikanya.. *_*

Akhirnya Saya dpt undangan dr teman teman SMP yg ada di Surabaya untuk bertemu melepaskan rasa Rindu yg sudah 30thn gak ketemu yaitu Sutan Chandra , Luckman Sutanto & Corinna Wati
yg sudah ditentukan tgl 15 Mei 2014..Asli seneng banget di undang ke Surabaya,sampai malamnya sebelum berangkat sangking senengnya gak bisa tidur mulai jam 02.00 padahal travelnya jemput jam 06.00
Puji Tuhan sampai dgn selamat ditempat ( SBY)..


Jam 09.00 smp di bandara Internasional hahahahaha..... gaya bener yaa..kayak yg mau ke Luar Negri aja
gak pake lama saya di jemput , Luckman Sutanto yg ternyata rumahnya dekat dr bandara yg cuma butuh waktu 7 menit..
Langsung menuju tempat bertemu PTC...pertama datang lgs ke donat & pesan minuman dingin
Sambil menunggu ,yg lain datang ,gak lama Corina datang di susul Sutan Chandra...foto foto sebentar...melihat jam 11.00kami pindah tempat ke Wo..makan pesan 5 macam masakan , kwetiau siram, kailan cah sapi,nasi gr special, tami siram,sapo tahu..hahahahaha asli gak pada jago makan..alhasil sisa banyak....
Corina tetep ceria dgn senyum yg khas , Luckman..tetap kalem & pendiam, Sutan jg tetap msh ceria dgn celotehnya yg ceplas ceplos,yg berbeda dgn sutan rambutnya lg musim gugur hahahaha... piiiiz ya Tan *_*

pindah lg ke caffe....pesan teh leci ,kopi, kentang gr ngobrol dr keluarga & cucunya Corinna....
Kesimpulanya kami bahagia bisa bertemu saling menumpahkan kangen...30 thn terpisah jeh..
Teman masa Remaja yg masih menggingat saya...betapa menyenangkan & bahagianya saya hari ini...
Makasi TUHAN buat segala kebaikanmu...ajarkan saya selalu byk bersyukur dlm segala hal amin...

Makasi buat semuanya  sahabat remajaku Miss You All









 
 

Senin, 12 Mei 2014

Suami yg Super Dumper Sabar




Sekali kali saya ingin menulis tentang suami , sambil nunggu suami tutup toko
Hari ini Tepat Suami saya Berulang Tahun tgl 12 mei ..itung itung ini hadiah dari saya haaalaah hadiah kok tulisan yaa..gak modal bingiitz hahahaha...
suami saya bernama Billy Waluyo,Billy adalah anak bungsu dr lima besaudara yg asli org kediri tulen nih 

Sejak menikah 26 tahun yg lalu kami selalu hidup hampir 24 jam selalu bersama,
jarang banget kami berpisah untuk waktu yg lama.,Kami punya usaha toko dr awal menikah jadi kami selalu bersama tiap harinya, untuk menjaga toko bisa dikatakan 24 jam kami selalu bersama

Selama menikah 26 tahun saya Belum pernah yg namanya di omelin apa lg di bentak bentak
Saya bersyukur karna di berikan suami yg sangat sabar sekali *_*
saya adalah presiden wanita urusan service perut, menjamin makanan,yang masuk kemulut dan perut suami selalu enak dan sehat

Saat saya hamil pertama saya mual setengah idup...saya mau berlari ke kamar mandi buat muntah..
tangan saya di tarik suami bilang gak usah lari lari sini muntahin aja di sini ( menadahkan dgn kedua tanganya) Karna saya gak tahan ya langsung saya tumpahkan semua di telapak tanganya.
Kadang saya gak ingin makan, suami saya selalu menawarkan minum susu hangat , coklat hangat, sampe mie instan walaupun saya selalu menolaknya.( baca Gak doyan makan pas ngidam or sakit kepala )

Saya saat hamil pertama doyan pake banget makan yg namanya Duren,setiap hari selalu makan duren
Tiap hari selalu dibelikan suami di pare yg terkenal durenya bagus & enak.
Mana belinya tiap habis tutup toko siang, sore sebelum buka toko ,saat saya bangun tidur sudah ada yg namanya duren, saya tinggal maem aja gak pake ngupasin or belah belah deh *_*

Suami saya sangat piawai di dapur dgn hasil masakan yg lumayan unik ( banyak modifikasi masakan yg tak terduga) & tentunya enak , ke tiga anaknya, Yunita, Welly & Jeffry selalu suka dengan masakan papanya, saya jg sedikit icip icip @_@
Suami saya gak takut atau pun canggung menggendong anak anak masih bayi  bahkan mengganti popok
membersihkan pup dengan kapas basah  ^_^

Kalau saya keluar kota selalu di hujani pertanyaan,pulang jam brp Nyah...ini sebutan khuusnya buat saya
tiap di perjalanan saya pulang dr luar kota buat Latbar, pulkam  dll selalu ditanyain sudah sampai mana nyah
Suami saya bukanya KEPO or apalah..tapi pengen siapin peralatan mandi buat saya,dari air panas , baju dines buat bobok ( baca daster ) hehehehehe inilah keunikanya sebagai  seorang suami *_*

Satu hal yg gak pernah alpa dikerjakan suami saya dari awal menikah ,tiap malam saat saya tidur selalu mematikan lampu,menyelimuti saya & mencium kening saya sampai hari ini & saya sudah terlanjur di manjakan jd gak pernah selimutan sendiri Ngapain juga ya selimutan sendiri  #_#

Kami bisa melewati 26 Tahun Pernikahan semuanya hanya karna Kasih Karunia dari Yesus yg selalu mencintai kel kami
Untuk bisa meliwati kerikil kerikil, bahkan badai yg menghantam kehidupan kel kami, yg tidak pernah kami duga sebelumnya, Puji Tuhan tetap bisa kami liwati wlp gak mudah..tapi semuanya Yesus mudahkan buat kami..liwati smp hari ini <3

Suami saya jg berbakti kepada almarhum papa & mamanya, saat papanya sakit di tinggal mama ke Luar negri untuk waktu yg lama kira kira 1 bulan, Suami sayalah yg merawat papanya, memandikan smp menyuapin makanya, Papa mertua saya org yg masih kuno, kalau saya yg suapin atau mandikan katanya gak boleh karna saya mantunya ( malu kali yaa kalau saya yg mandikan,ini menurut suami saya ) ya sudah yg penting saya bagian memasakan makanan sehatnya aja , Ini sedikit cerita tentang suami saya

Selamat ultah Ayang papi & doanya dlm hati aja yaa <3
Terimakasi Tuhan buat segala kebaikan yg sudah Engkau berikan dlm kel kami...Amien..

Hari ini saya hanya membuat Mie gr alakadarnya..buat tanda Ulang tahunya..
juga saya buatkan bolu kukus yg berbentuk Bunga Mawar spt foto ini...hahaha sekali kali yaa gak buat kejutan di hari ulang tahunya ~_~







Sabtu, 10 Mei 2014

Mini Pie Brownies

Masih tetep bikin mini Pie lagi..kali ini sdh dapat ilmu dr mba Enno yg kasi tau kulitnya gak boleh di tusuk tusuk, biar gak bolong bolong, karna anak anak saya yunita & Welly mau dateng saya buat Mini pie susu jg Mini Pie Brownies....buat dibawa ke Malang...
Seperti biasa saya buatnya 1/2 resep aja....Mini Pie Susunya skrg udah cakep nih gak bolong bolong lg...
Saya gak tulis resepnya lg yaaa krn sudah pernah saya posting sebelumnya
Resep Browniesnya saya dikasi neng Nina Agustina,makasi ya neng & Crust nya tetep pake neng Iyam







                                                  Mini Pie Brownies


MINI BROWNIES PIE

CRUST PIE
Bahan :
500 gr tepung terigu serbaguna
300 gr margarin
2 sdt munjung gula kastor
3 kuning telur
1 sdt vanilla bubuk
Cara Membuat :
- Aduk rata semua bahan dengan menggunakan pisau pastry atau sendok kayu. Aduk hingga rata dan berbulir-bulir.
- Padatkan dan bulatkan adonan hingga mudah dipulung.
- Bagi adonan menjadi sama banyak (timbang @ 25gr) dan cetak di loyang pie yang sudah dioles margarin atau minyak. Lakukan hingga adonan habis.
- Adonan pie siap digunakan.
BROWNIES

Bahan :
120 gr tepung terigu serbaguna
200 gr margarin
3 butir telur
225gr DCC cincang
150 gr gula kastor
Cara Membuat :
- Campur terigu dan gula halus, aduk rata. Sisihkan.
- Lelehkan margarin dengan cara ditim kemudian masukkan DCC. Aduk hingga rata dan coklat meleleh. Matikan api dan diamkan hingga hangat.
- Kocok telur hingga mengembang ( masukkan campuran tepung
terigu dan gula. Aduk rata dengan menggunakan spatula.
- Tuang campuran margarin dan coklat leleh, aduk dengan menggunakan spatula.
Penyelesaianya :- Tuang adonan brownies ke loyang pie hingga hampir penuh.
- Panggang dengan suhu 170'C hingga brownies mengembang.
- Setelah mengembang, kecilkan api hingga 150'C. Panggang hingga matang dan kulit pie kecoklatan.
- Angkat dan dinginkan baru kemudian keluarkan brownies pie dari loyangnya.

Selasa, 06 Mei 2014

Kroket Mozarela

Jeffry suka banget sama yg namanya keju..baik nasi gr keju, cake keju sampai roti keju..
apapun yg berbahan Keju Jeffry selalu melahapnya dgn nikmat sekali...
Punya stok Mozarela ..Awalnya pengen buat pizza..lah kok jadi melenceng jauh yaa...
jadinya bikin Kroket hahahahaha ya sudahlah yg penting Jeffry suka maemnya ,begitu mateng lgs abis 4 loh
kata Jeffry asiiiiik ma..meleleh nih di gigitnya... senanglah kalau apapun yg kita buat selalu laku di rumah ( kel kita ) jadi semanggat buatnya jeh *_*


 KROKET MOZARELA
Bahanya :

* 1/5 kg kentang kukus smp mateng , kupas , potong jd 4 goreng smp kuning ( Smp berkurang kadar airnya) ulek halus  sisihkan
* Susu bubuk 1 saset
* Keju Kraft Cheddar 25 gr parut
* Garam sedikit
*  Merica bubuk sedikit
* Kuning Telur 1
* Campur semuanya jadi satu aduk smp rata sisihkan

Isinya :
* Mozarela potong panjang sesuai keroket yg mau di buat

Bahan pencelup :
2 telor yg besar kocok lepas
Tepung panir secukupnya

Penyelesaianya :
* Ambil adonan keroket isi dgn mozarella , bentuk lonjong
* Gulingkan ke tepung panir & gulingkan ke kocokan  telur gulingkan lg ke tepung panir
* masukan dlm kulkas kira kira 25 menit supaya tepung nempel ( wkt di goreng gak lepas )
* Goreng dlm minyak yg banyak, dgn api sedang ,goreng smp kuning keemasan angkat
Taraa..siap di hidangkan deh
















Template by:

Free Blog Templates