Minggu, 09 Maret 2014

Martabak Bolu Mini

Udah lama banget Pengen bikin Martabak Bolu Mini...
Belom punya cetakan lgs berburu cetakanya di TBK, smp TBK kok binggung ya banyak bener macemnya ada yg bulatanya isi 7,9 bahkan 12 loh...mana gak bawa HP sama sekali lg..ya udah lgs pulang aja dulu deh timbang salah beli jeh...
Sampe rumah langsung  tanya Solmed Nina Agustina dikasi tau yg isinya 6 aja momy biar bisa buat Bika ambon & Kue lumpur jg, detail banget loh dikasi diameternya ,smp tinggi perlubangnya
Sorenya Ujan gak jd beli, jiah...sibuk jualan smp sempet lupa mau beli nih cetakan
Pas Ingget lgs deh saya beli biar gak lupa, gak pake lama lgs saya buat pertama kali pake resepnya Femina enak,tapi saya cocok dgn resep Intip dr Blognya Nina Agustina yg sdh saya modif sesuai kesukaan kel saya.



  
MARTABAK BOLU MINI
Bahan A : 
100 gr tepung terigu serbaguna
25 gr gula pasir halus
150 ml santan, rebus dan biarkan hangat
3Sdm Susu bubuk
1/2 sdt ragi instan
Bahan B :
1 butir telur utuh
1 kuning telur
25 ml susu sapi
1/2sdt baking powder
1/4 sdt soda kue

1sdm gula pasir  untuk taburan
Topping :
meises, keju cheddar parut atau sesuai selera
Cara Membuat :
- Campur tepung terigu, susu bubuk dan gula pasir halus, aduk rata.
- Tuang santan hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk memakai whisker hingga adonan licin dan lembut. Masukkan ragi instan, aduk rata.
- Diamkan selama kurang lebih 30-60 menit.
- Kocok lepas telur, masukkan ke dalam adonan.aduk rata.
- Masukkan baking powder, aduk rata. Diamkan selama 15 menit.
- Panaskan loyang martabak (aku memakai cetakan kue lumpur), tuang soda kue dan aduk rata. Segera tuang ke dalam cetakan. (Bila membuat versi mini, setelah adonan dituang, tekan perlahan bagian tengahnya dengan punggung sendok sayur agar tepiannya berkulit).
- Kecilkan api, tunggu hingga muncul gelembung-gelembung atau lubang-lubang yang cukup banyak.Tutup loyang / cetakan.
- Setelah permukaannya agak kering, taburi dengan gula pasir. Tutup lagi dan masak sebentar hingga gula agak mencair. Angkat.
- Panas-panas olesi dengan margarin dan beri topping sesuai selera.
Lembuuut, manisnya juga pas menurutku. Dimakan langsung tanpa topping juga udah enak kok ( Maklum faktor U gak pake toping hahahaha). Bikin pagi, sengaja disisakan buat sampai malam, tetap lembut. Tau gini kenapa gak dari dulu-dulu ya nyobain bikin martabak bolu.
Makasi ya neng Nina buat Resepnya

 


2 komentar:

ivanna lukas mengatakan...

hmmm jdi lapar liat postingan martabak bolunya...
jdi penasaran mau coba tpi gak punya cetakan kue lumpur....klo pke teflon bisa gak mom??

Wiwik Sulistiyo mengatakan...

Ivanna Lukas..Kalau lapar makan yuuuk :)
Bisa banget pake teflon tapi jadinya gede 2 sesuai ukuran teflonya tuh yaa

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates