Kamis, 17 April 2014

Ketan Biru

Dulu waktu masih kecil suka banget di bikinin Ketan Biru oleh almarhum emak saya yg emang asli Semarang

di Kediri jelas gak ada yg jual jadi kalau pengen ya harus buat sendiri nih saya hanya buat 1/2 kg aja..


KETAN BIRU SEMARANG
 Bahanya :
# 1/2 kg Beras ketan Siam ,cuci bersih tiriskan / kukus sampai lengket
# 300 ml santan dimasak dgn daun pandan dan segengam bunga telang (kira kira 60biji)+ garam ,smp           mendidih , matikan apinya , biarkan smp 1jam biar bunga telang merasuk ,santan menjadi berwarna biru
Caranya :
* Setelah 1jam santan akan menjadi berwarna biru, hangatkan matikan api
* Masukan beras ketan yg sdh di kukus dalam keadaan panas ya..kedalam santan anget,aduk aduk smp rata
* Diamkan smp semua santan biru habis terserap ketan
* Kebetulan saya punya cetakan mawar jadi saya cetak di catakan bunga mawar, kukus smp matang
Biasanya di makan dengan unti, tapi saya gak buat untinya krn kurang suka ( baca lg males bikinya jeh )


                                                        Ini nyoba foto dlm rumah hasilnya gelap

                                                                 


0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates