Senin, 20 Agustus 2012

Sop Merah


Awal kenal Sop Merah thn 1988 di pesta pernikahan saudara di Surabaya..

dan mulai sering makan sop merah dimana mana dgn aneka rasa,dr kuahnya yg asem, bahkan juga warnanya kuahnya yg orange,kuahnya yg encer bahkan ada yg kentel banget

Tahun 1989 perdana saya membuat sup merah pas tahun baru Imlek, yg akhirnya tiap tahun jd langganan bikin sop merah smp thn 2012 terakhir saya buat sup merah di taun baru imlek buat kel besar Suami saya.

Saya Mulai jual sop merah thn 1989 ,yg harga jualnya seinget saya 1porsi Rp 10.000 hahahaha sekarang dapat 1 sendok sayur kali ya wkwkwkwkwkw

Saya menoba dan mencoba membuat kuahnya yg gurih dan legit..gonta ganti ini dan itu dan akhirnya saya menemukan yg menurut saya cocok dan pas di lidah saya.

Sop merah kesukaan keluargaku.......
isinya bakso ayam, bakso udang , sosis , jamur kancing ,wortel atasnya ditaburi dgn udang gureng yg di bentuk spt ca kue, boleh jg dgn sus kering.......
Cara buat kuahnya :
#  Kaldu ayam ,diberi garam ,gula ,pala ,bawang merah gr diulek alus,saus tomat saya pake Delmonte yg pasta kaleng  & botol,,udah mendidih dikasi tepung tapioka yg sudah diberi air sedkikit.
#Isinya :
#  Bakso ayam ,ayam dicacah halus ,tepung kanji 1sendok,trus dibentuk agak lonjong 2, lalu di kukus ,smp matang.
#Bakso udang : udang di cacah ,garam , merica dikit ,telur ,tp kanji , masak air smp mendidih ,bakso dibulatkan spt bua,tbakso tp agak kecil 2 lalu di gr,
# Wortel dipotong selera , jamur kancing dipotong jd 4.
# Uudang grnya :
 Udang di cacah halus .telur , tepung terigu di campur smp agak kental,garam sedikit ,masukan dlm plastik /piping bag,lalu di lubangi sesuai selesa ,digoreng spt obat nyamuk melingkar , matang potong 2 menurut selera
Taaaaaaraaaaa...siap di tata dan di hidangkan....



2 komentar:

Venny SM mengatakan...

Harus dicoba nih cie...ijin copas yaa....(ntr klu mau bkin boleh nanya2 lg via bbm ya cie...hehehehe)tq.

Wiwik Sulistiyo mengatakan...

Venny SM : Makasi ya Venny sdh mampir disini & sudah mau mencobanya

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates